Penyebab dan Cara Mengatasi Varises Pada Kaki

By Categories : Kesehatan

Dalam istilah medis varises adalah pelebaran pembuluh balik atau vena yang biasanya menyerang pada area kaki, terutama pada betis dan pangkal paha. Seseorang yang mengalami varises akan mengalami masalah dalam peredaran darah dan sirkulasinya. Tak hanya itu saja, penderita juga akan merasakan sakit pada pusat varises, bengkak dan nyeri. Bahkan pada beberapa kasus varises juga dapat menyebabkan pembengkakan hingga borok.

Selain bermasalah pada kesehatan, varises juga dapat mengganggu penampilan. Hal ini dikarenakan kaki penderita varises akan timbul warna kebiruan yang sangat terlihat jelas serta varises dapat membuat seseorang yang mengalaminya terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Lantas apa saja penyebab dan cara mengatasinya? Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi varises pada kaki!

Penyebab dan Cara Mengatasi Varises Pada Kaki

Penyebab varises pada kaki

Umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan varises, mulai dari kehamilan, usia seseorang, berdiri terlalu lama, menopause, faktor keturunan, obesitas serta karena masalah kesehatan lainnya. Nah itulah beberapa penyebab varises pada kaki. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini!

Cara mengatasi varises secara alami

Hindari penggunaan heels

Bagi wanita tampil cantik dan sempurna adalah segalanya. Akan tetapi jika Anda mengalami varises sebaiknya menghindari penggunaan jenis sepatu ini. Sebaiknya gunakanlah sepatu dengan tumit rendah atau yang lebih sering disebut dengan flat shoes. Jenis sepatu ini dapat memberikan kesempatan bagi otot betis Anda untuk bekerja lebih optimal. Akan tetapi jika Anda dituntut menggunakan high heels, pastikan Anda melakukan peregangan kaki ketika beristirahat.

Kurangi intensitas berdiri dan duduk

Cara yang  kedua adalah dengan cara mengurangi intensitas berdiri ataupun duduk. Seperti yang Anda ketahui berdiri terlalu lama merupakan salah satu penyebab varises begitupun dengan terlalu lama duduk. Hal ini dikarenakan saat duduk ataupun berdiri, kaki akan menopang beban tubuh bagian atas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyelingi kedua aktivitas tersebut secara bergantian.

Kontrol berat badan

Sama halnya terlalu banyak berdiri dan duduk, obesitas atau berat badan yang berlebih juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan terjadinya varises. Oleh karena itu, untuk mengatasi dan mencegahnya Anda harus selalu mengontrol berat badan Anda. selain olahraga, perhatikan pula asupan makanan yang Anda konsumsi.

Olahraga

Cara mengatasi varises selanjutnya adalah dengan cara berolahraga. Selain bermanfaat untuk mengontrol berat badan, olahraga yang Anda lakukan juga dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga hal tersebut dapat mengurangi resiko terkena varises. Jenis olahraga sehat yang dapat Anda lakukan adalah berjalan kaki, berenang, jogging, bersepeda ataupun olahraga lainnya. meskipun berguna untuk mengatasi varises, tetapi jangan juga terlalu berlebihan dalam berolahraga.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi varises pada kaki yang dapat Anda coba.

Loading...