Penyebab dan Cara Mengatasi Tidur Mendengkur pada Pria dan Wanita

By Categories : Kesehatan

Kebiasaan buruk mendengkur yang  sering dilakukan seseorang tanpa sadar tentu saja dapat menganggu teman ataupun pasangan yang sedang tidur bersama. Dan bahkan ada juga pasangan yang terpaksa tidur terpisah akibat terganggu dengan suara keras yang ditimbulkan saat mendengkur. Dr Khairan Irmansyah, seorang  Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) di Rumah Sakit Omni, Alam Sutera, Tangerang Selatan, menyatakan ada beberapa penyebab seseorang tidur mendengkur, seperti obesitas, gaya hidup sehat, kebiasaan merokok dan juga mengonsumsi minuman alkohol.

Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Tak hanya menganggu mengganggu teman ataupun pasangan saat tidur, kebiasaan mendengkur yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Namun Anda jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara mengatasi tidur mendengkur pada pria dan wanita.

Cara mengatasi kebiasaan mendengkur saat tidur

Tidur dengan posisi miring

Cara yang pertama adalah dengan cara tidur dengan posisi miring. Dr khairan pun menjelaskan seseorang yang suka mendengkur lebih baik tidur dengan posisi miring dibandingkan dengan posisi telentang. Hal ini dikarenakan saat tidur posisi miring, lidah tidak akan jatuh kebelakang dan tentu saja hal ini dapat membuat pernapasan lebih lega dan tidak tersumbat.

Bersihkan sinus

Cara yang kedua adalah dengan membersihkan sinus. Membersihkan bagian sinus di hidung juga dapat mengatasi masalah ini. Karena pada saat bagian tersumbat, hal ini dapat menyebabkan dengkuran pada saat tidur. Oleh karena itu usahakan untuk mengeluarkan kotoran yang ada di hidung sebelum tidur.

Diet

Cara mengatasi tidur mendengkur selanjutnya adalah dengan berdiet. Seperti yang Anda ketahui, kegemukan atau obesitas juga merupakan penyebab dari tidur mendengkur. Oleh karena itu mulailah berdiet untuk mengilangkan lipatan lemak pada leher yang menghalangi aliran udara. Selain mengatasi kebiasaan buruk ini, diet juga sangat baik untuk menjaga organ tubuh tetap sehat, khususnya organ jantung.

Hindari mengonsumsi obat dan alkohol

Obat dan alkohol merupakan obat penenang yang yang dapat meningkatkan relaksasai tidak sehat dan juga dapat menyebabkan saraf otot pada bagian tenggorokan menjadi sangat rileks sehingga tidak bisa bekerja secara optimal. Hal inilah yang dapat memicu dengkuran saat tidur.

Melakukan yoga atau rileksasi lainnya

Melakukan rileksasi kecil sebelum tidur juga sangat ampuh untuk mengatasi masalah ini. beberapa relaksasi yang dapat dilakukan adalah dengan cara mendengarkan musik klasik, menggunakan aroma terapi ataupun dengan melakukan yoga. Ada beberapa gerakan yoga untuk pemula yang dapat Anda lakukan di rumah, seperti pranayama, simha garjanasana, brahmari dan lainnya.

Mandi dengan air hangat

Berikutnya adalah mandi dengan menggunakan air hangat. Air hangat yang Anda gunakan dapat membantu melancarkan saluran pernafasan saat badan dalam kondisi tidak fit.

Nah itulah beberapa cara mengatasi tidur mendengkur pada pria dan wanita.

Loading...