Penyebab dan Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Sering Kesemutan

By Categories : Kesehatan

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami kesemutan. Meskipun bukan suatu penyakit, akan tetapi kesemutan juga merupakan tanda dari suatu penyakit. Biasanya, bagian tubuh yang sering mengalami kesemutan adalah tangan dan kaki. Kesemutan sendiri adalah salah satu respon tubuh yang terjadi karena adanya tekanan yang terjadi pada saraf atau pembuluh darah yang berhubungan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Sering Kesemutan

Inilah penyebab kesemutan dan cara mengatasinya

Beberapa hal yang dapat menyebabkan tangan dan kaki sering kesemutan adalah:

  • Adanya tekanan pada saraf atau tulang akibat cidera
  • Kekurangan asupan vitamin B12
  • Terlalu lama berdiri ataupun duduk
  • Posisi duduk ataupun tidur yang salah dalam jangka waktu yang lama, seperti menontot TV dengan kaki tertekuk,  tidur dengan tangan tertindih dan lainnya. tentu saja hal tersebut dapat membuat aliran darah tersumbat.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung toksin atau racun.

Nah itulah beberapa penyebab kesemutan. Namun tak hanya itu saja, kesemutan juga dapat terjadi jika kita menderita suatu penyakit tertentu, seperti diabetes, radang sumsum tulang belakang, rematik, stroke dan penyakit jantung.

Cara mengatasi kaki sering kesemutan

Cara mengatasi kesemutan pada kaki pun sangat mudah, yaitu dengan cara memijat kaki yang mengalami kesemutan. Pijatlah secara lembut beberapa saat hingga kaki tidak kesemutan. Selain itu Anda juga bisa menggerakkannya secara perlahan. Hal ini sangat berguna agar aliran darah yang menuju ke kaki dapat berjalan dengan normal.

Cara mengatasi tangan sering kesemutan

Untuk mengatasi tangan yang sering kesemutan pun caranya hampir sama seperti cara mengatasi kaki yang kesemutan, yaitu dengan cara memijat lembut tangan yang mengalami kesemutan. Pemijatan ini berguna untuk melancarkan aliran darah yang terhambat. Jika aliran darah sudah normal, tentu saja kesemutan pun akan teratasi.

Cara mencegah kesemutan pada anggota tubuh

Setelah mengetahu cara mengatasi tangan dan kaki sering kesemutan, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mencegahnya. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah kesemutan.

  • Memenuhi asupan vitamin B

Cara yang pertama adalah dengan memenuhi asupan vitamin B. Vitamin B yang harus Anda penuhi adalah vitamin B1, B6 dan juga B12. Ketiga vitamin tersebut berguna untuk menjaga jaringan saraf agar berfungsi dengan baik dan normal. Tak hanya itu saja, vitamin tersebut juga dapat membantu metabolisme tubuh agar lebih maksimal.

  • Mandi air hangat

Cara yang kedua adalah dengan mandi air hangat. Tahukah Anda mandi dengan menggunakan air hangat sebelum tidur juga dapat mencegah kesemutan? Hal ini dikarenakan air hangat mampu mengendurkan otot-otot yang tegang pada tangan dan kaki.

  • Mengonsumsi makanan kaya kalium, kalsium dan natrium

Berikutnya adalah dengan mengonsumsi dan mencukupi ketiga nutrisi tersebut. Makanan kaya kalium, seperti unggas, pisang dan ikan. Untuk memenuhi asupan kalsium Anda juga bisa mengonsumsi makanan seperti yoghurt dan susu. Sedangkan natrium Anda bisa mendapatkannya dalam makanan laut dan kecap.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi tangan dan kaki sering kesemutan.

Baca juga  inilah penyebab sakit pinggang sebalah kanan.