Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

By Categories : Kesehatan

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang paling mengganggu. Banyak orang yang sering mengalami sakit kepala khususnya bagian belakang. Pastinya penyakit yang satu ini tidak boleh diabaikan, karena sakit kepala yang tidak segera di atasi dapat membuat segala macam aktivitas menjadi terganggu dan terhambat. Pada umumnya ada beberapa sakit kepala bagian belakang. Berikut adalah beberapa penyebab yang sering diderita setiap orang.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Penyebab sakit kepala

  • Stres dan otot tegang
  • Gangguan pada tulang leher
  • Kurang tidur
  • Anemia atau kurang darah

Nah itulah beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang yang harus Anda ketahui. Setelah mengetahui penyebabnya, berikut adalah cara mengatasi sakit kepala yang dapat Anda coba.

Cara  mengatasi sakit kepala bagian belakang

Melakukan relaksasi

Tips yang pertama adalah dengan cara melakukan relaksasi. Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab sakit kepala adalah stres dan otot menjadi tegan dan kaku. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan berbagai macam relakasi seperti, berbaring telentang di dalam ruangan gelap dan tenang serta rilekskan tubuh Anda. Anda juga dapat menambahkan aroma terapi seperti lavender untuk menenangkan pikiran. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai macam peregangan untuk melemaskan otot yang tegang.

Memijat kepala

Tips yang kedua adalah dengan cara memijat kepala. Memijat kepala merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi hal ini. Pijatlah dengan lembut bagian belakang leher, pelipis, bahu dan kulit kepala dengan menggunakan ujung jari. Namun agar hasil lebih maksimal, Anda dapat meminta bantuan seseorang untuk melakukan hal tersebut.

Berendam air hangat

Selanjutnya adalah dengan cara berendam dengan menggunakan air hangat. Menurut penelitian, ai hangat dapat menghentikan rasa sakit kelapa yang kita derita. Caranya pun sangat mudah yaitu hanya dengan mencampurkan air panas dengan air dingin ke dalam bath. Agar suasana lebih santai dan rileks, Anda dapat memainkan musik klasik dan juga menggunakan aroma terapi.

Kompres dengan air es

Selain berendam dengan air hangat, Anda juga dapat mengompres skait kepala yang Anda derita dengan menggunakan air es. Caranya, bungkus es batu dengan menggunakan es batu ataupun pembungkus lainnya. setelah itu, letakkan es batu tersebut pada dahi ataupun pada kepala bagian belakang. Lakukan hal iniberulang kali hingga rasa sakitnya mereda.

Tidur

Jika cara di atas, tidak mampu mengatasi rasa sakit yang Anda derita, Anda dapat menggunakannya untuk tidur. Dengan tidur, ini akan membantu Anda untuk merilekskan tubuh secara alami. Tak hanya itu, tidur juga dapat mengatasi sakit kepala bagian belakang akibat insomnia atau susah tidur.

Demikinalah ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi sakit kepala bagian belakang. Baca juga artikel tentang Tisp tampil cantik dengan hijab.

loading...