Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Ubanan

By Categories : Tips

Pada umumnya rambut asli para orang Indonesia adalah berwarna hitam atau gelap. Ini karena rambut memiliki kandungan kadar melanin yang sangat tinggi. Jika Rambut berubah warna menjadi putih atau yang lebih sering disebut uban, makan ini dikarenakan terjadinya suatu proses perubahan kadar melanin. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi kembali sehingga ini menyebabkan rambut baru tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya uban. Apa saja penyebab tersebut?

Cara Mengatasi Rambut Ubanan

Berikut Adalah Penyebab Rambut Ubanan

Faktor Keturunan

Jika Anda memiliki orang tua yang sudah ubanan pada usia muda, mungkin hal tersebut akan menurun pada Anda. Jika Anda sudah mengetahui ada anggota yang mengalaminya sebaiknya Anda mulai untuk mencegahnya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Stres

Stres biasanya disebabkan karena pekerjaan yang dapat membuat tak nyaman serta terlalu banyak pikiran. Sehingga hal ini dapat menyebabkan mental dan juga otak menjadi tertekan. Dalam kondisi seperti ini, rambut akan sulit untuk memproduksi melanin.

Kekurangan Vitamin dalam Tubuh

Kekurangan vitamin dalam tubuh dapat membuat memicu tumbuhnya uban secara cepat. Sehingga mulailah untuk memenuhi kebutuhan vitamin terutama vitamin B12 yang dapat membantu rambut agar lebih sehat.

Merokok

Selain dapat memicu terjadinya beberapa penyakit, merokok juga dapat meningkatkan resiko rambut seseorang ubanan. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi rambut ubanan yang dapat Anda coba.

Cara Mengatasi Rambut Ubanan Secara Alami

Minyak Kelapa dan Lemon

Cara yang pertama adalah dengan cara menggunakan campuran minyak kelapa dan lemon. Campuran kedua bahan tersebut dapat meningkatkan produksi melanin rambut. Caranya campurkan perasan air jeruk lemon dan minyak kelapa pada baskom kecil. Kemudian aduk hingga rata, lalu oleskan pada rambut dari akar hinggar ujung. Diamkan beberapa menit hingga semuanya meresap. Setelah itu, Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hingga bersih.

Daun Bunga Sepatu

Kandungan flavonoid dan folifenol pada daun bunga sepatu berguna untuk melindungi kesehatan serta kecantikan rambut Anda. Caranya, ambilah beberapa helai daun bunga sepatu kemudian haluskan dan tambahkan sedikit air. Setelah itu, saring air tersebut ke dalam botol. Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat menambahkan perasan air jeruk. Oleskan ramuan tersebut pada rambut hingga rata. Lakukan secara rutin untuk mempercepat proses perawatan rambut Anda.

Biji Pepaya

Cara selanjutnya adalah dengan cara menggunakan biji pepaya. Caranya ambillah beberapa butir biji pepaya kemudian cuci, rendam dan bersihkan kembali hingga bersih. Setelah itu sangrai semua biji tersebut dengan menggunakan penggorengan lalu tumbuk hingga halus. Untuk menggunakannya Anda dapat menambahkan minyak kelapa secukupnya kemudian oleskan pada rambut hingga rata diamkan dan bungkus rambut dengan menggunakan handuk atau shower cap. Bilas hingga bersih.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi rambut ubanan secara alami. Baca juga artikel menarik mengenai Cara agar rambut tidak rontok.