Penyebab dan Cara Mengatasi Kantung Mata dengan Cepat

By Categories : Tips

Seperti yang kita ketahui mata berkantung dapat membuat wajah tampak mengantuk dan lesu. Hal ini tentu saja dapat mengganggu dan membuat penampilan menjadi tidak menarik. Umumnya kantung mata merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan ringan yang dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami.

Cara Mengatasi Kantung Mata

Lantas apa yang menyebabkan timbulnya kantung mata? Ada berbagai macam penyebab dari hal ini, mulai dari faktor keturunan, proses penuaan, kurang tidur dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab dan cara mengatasi kantung mata dengan cepat dan alami.

Inilah penyebab dan cara mengatasi kantung mata secara alami

Kurang tidur dan kelelahan

Memiliki kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan timbulnya kantung mata. Hal ini dikarenakan kurang tidur dan kelelahan dapat memicu terjadinya tekanan pada mata sehingga membuat bagian bawah mata membengkak seperti kantung.

Proses penuan

Proses penuan yang terjadi karena bertambahnya usia juga menjadi faktor penyebab kantung mata. Seiring bertambahnya usia kulit lembut yang ada di sekitar mata akan semakin menipis. Setelah kulit menipis dan kehilangan keelastisitasnya kulit akan berkumbuk di suatu tempat, salah satunya yaitu di bawah mata.

Menangis

Selain kurang tidur dan proses penuaan, menangis adalah penyebab paling umum yang menyebabkan timbulnya kantung mata. Jika disebabkan karena menangis kantung mata dapat hilang dengan sendirinya.

Terlalu banyak yodium

Berikutnya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi yodium. Mengonsumsi makanan yang kaya garam atau yodium berlebihan dapat menyebabkan penumpukan cairan, salah satunya yaitu di bawah mata.

Nah itulah beberapa penyebab timbulnya kantung mata. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara mengatasi kantung mata dengan cepat dan alami.

  • Cara ampuh mengatasi kantung mata

Mengompres dengan air dingin

Cara yang pertama adalah dengan mengompres menggunakan air dingin. Air dingin yang Anda gunakan dapat mempengaruhi pembuluh darah dan jaringan sekitar agar kembali ke bentuk semula. Caranya, tempelkan es batu pada mata Anda, bagi Anda yang tidak kuat dengan sensasi dinginĀ  yang ditimbulkan Anda bisa membungkusnya dengan kain bersih. Selain mengatasi kantung mata, air dingin juga dapat membuat kulit lebih kencang.

Cukup tidur di malam hari

Yang kedua adalah dengan cara cukup tidur di malam hari. Tidur yang baik dan berkualitas adalah selama 7 hingga 8 jam dalam sehari. Baca juga dampak kurang tidur bagi kesehatan.

Minum air putih

Cara selanjutnya adalah dengan minum air putih. Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh air putih juga dapat mengatasi masalah kantung mata yang Anda alami. Air putih yang minum dapat membantu kulit lebih segar dan fresh.

Menggunakan krim mata

Berikutnya adalah dengan menggunakan krim mata. Saat memilih krim mata pastikan krim tersebut mengandung vitamin C ataupun mengandung ekstrak lidah buaya.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kantung mata dengan cepat.