Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

By Categories : Kesehatan

Kaki bengkak setelah melahirkan mungkin merupakan hal wajar dan sering dialami. Namun jika tak segera diatasi hal ini tentu saja sangat menganggu, baik penampilan ataupun aktivitas sehari-hari. Nah apakah Anda sedang mengalami hal ini? Jika iya, jangan khawatir karena kali ini akan menjelaskan mengenai penyebab dan cara terbaik mengatasi kaki bengkak pasca melahirkan.

Hamil dan melahirkan adalah momen terindah bagi setiap pasangan suami istri. Sebab dengan begitu keluarha mereka akan terasa lebih indah dan sempurna. Namun meskipun begitu, umumnya ada beberapa masalah yang biasa dialami para ibu setelah melahirkan. Salah satunya yaitu kaki menjadi lebih besar dan membengkak.

Meskipun normal dan sering terjadi, namun tetap saja hal ini cukup menganggu dan membuat panik. Lantas apa sebenarnya penyebab kaki membengkak setelah melahirkan? Seperti yang dikatakan oleh dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, kaki bengkak disebabkan karena meningkatnya volume darah hingga 40 persen.

Sehingga, tekanan di dalam pembuluh darah pun meningkat. Selain itu, pada saat kehamilan tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon esterogen dan progesteron. Peningkatan hormon tersebut dapat menyebabkan penumpukan cairan dan pada akhirnya dapat menyebabkan pembengkakan setelah melahirkan. Dan pembengkakan biasanya akan terjadi pada daerah pergelangan kaki dan sekitarnya. Namun Anda tak perlu khawatir, karena bisa mengatasi hal tersebut dengan cara mudah berikut ini.kaki-bengkak-setelah-melahirkan

Inilah Cara Terbaik Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Menerapkan Pola Makan yang Baik

Cara mengatasi kaki membengkak setelah melahirkan umumnya hampir sama seperti cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yaitu dengan menerapkan pola makan yang baik. Pola makan yang baik dapat Anda awali dengan mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya serta menghindari minuman berkafein dan makanan asin.

Buah, sayur dan karbohidrat kompleks yang Anda konsumsi dapat memberikan energi yang dibutuhkan setelah kehamilan serta dapat membantu membuang kelebihan cairan dalam tubuh. Dan pastikan Anda menghindari mengonsumsi makanan yang memiliki kadar garam tinggi, sebab garam atau sodium dapat meningkatkan pembengkakan.

Minum Air Putih yang Cukup

Perlu diketahui bahwa air putih yang Anda minum dapat membantu tubuh untuk membuang kelebihan cairan yang tersimpan dalam tubuh. Sebab air putih akan membantu ginjal untuk melakukan fungsinya dengan baik, yaitu sebagai alat ekskresi manusia yang dapat membuang zat sisa metabolisme dalam bentuk urine. Setidaknya, minumlah 8 gelas air putih dalam seharinya untuk mengatasi hal ini serta untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Baca juga tips mengecilkan perut setelah melahirkan

Lakukan Peregangan

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan peregangan. Peragangan ini bisa Anda lakukan di sela-sela jam istirahat. Bukan tanpa tujuan, peregangan yang Anda lakukan berguna untuk mengurangi dampak bengkak pada kaki setelah persalinan. Peregangan seperti berjalan-jalan kecil di sekitar rumah serta menghindari duduk terlalu lama sangat efektif untuk melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh.

Hindari Duduk Sambil Menyilangkan Kaki

Cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan menghindari duduk sambil menyilanglan kaki. Umumnya duduk dengan posisi kaki disilangkan ke bagian depan memang sangat nyaman. Namun jika Anda mengalami pembengkakan pada area kaki setelah melahirkan, sebaiknya Anda urungkan niat ini.

Sebab menyilangkan kaki saat duduk dapat menghambat peredaran darah sehingga hal ini dapat memperburuk kondisi pembengkakan. Saat duduk, posisikanlah kaki lurus dengan lantai atau sedikit lebih tinggi agar aliran darah lebih lancar.

Rendam Kaki dengan Air Garam

Meskipun ibu dilarang mengonsumsi makanan asin, namun tidak dengan kegiatan yang satu ini. merendam kaki dengan air garam justru dapat membantu untuk mengurangi pembengkakan. Sebab garam mengandung mineral yang dapat mengurangi kelelahan dan pembengkakan terutama pada bagian kaki. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membuat Anda lebih rileks dan terhindar dari stres.

Tinggikan Posisi Kaki

Agar kaki tidak terasa kencang dan lebih bengkak, pastikan Anda meninggikan posisi kaki. Untuk melakukan hal ini Anda bisa meletakkan ganjalan pada kaki agar posisi telapak kaki menjadi lebih tinggi daripada bokong. Di samping dapat mengurangi jumlah cairan yang menumpuk pada area kaki, hal ini juga sanga efektif untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi.

Nah itulah beberapa cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Tak perlu memikirkan masalah yang satu ini, sebab pembengkakan tersebut akan kembali normal dalam beberapa hari. Pada beberapa hari setelah persalinan, jaringan ekstra, pembuluh darah dan cairan yang dibutuhkan oleh bayi selama di kandungan masih tersimpan dalam tubuh.

Baca juga mengenal penyebab rambut rontok setelah melahirkan dan cara mengatasinya

Sehingga hal ini membuat ginjal harus bekerja keras untuk mengeluarkan cairan berlebih. Oleh karena itu, pastikan Anda minum teratur agar tubuh dan ginjal tetap terjaga kesehatannya. Cairan yang menumpuk tersebut juga dapat dikeluarkan lewat keringat, sehingga mulailah berolahraga agar cairan lebih banyak keluar.

Loading...
terms: kaki bengkak setelah melahirkan, penyebab kaki bengkak setelah melahirkan