Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan yang Terus Menerus

By Categories : Kesehatan

Cegukan atau yang biasa disebut dengan singultus adalah suatu kondisi di mana diafragma  mengalami kejang tidak sesuai dengan kemauannya. Jika hal ini terjadi, maka dapat menyebabkan cegukan. Menurut medis, cegukan pun dapat terjadi karena kadar karbondioksida dalam darah mengalami penurunan dan berada di tingkat yang paling rendah. Orang dewasa yang mengalami cegukan yang terus menerus juga harus  waspada, karena selain mengganggu cegukan juga merupakan suatu tanda bahwa seseorang tersebut mengalami masalah kesehatan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan yang Terus Menerus

Penyebab dan cara mengatasi cegukan yang benar

Umumnya, ada beberapa hal yang menyebabkan cegukan, antara lain makanan pedas, terlalu makan banyak, makan dengan tergesa-gesa, mengonsumsi minuman berlakohol dan juga minum air dingin. Namun tak hanya itu saja penyebab cegukan, cegukan yang terus menerus juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti gangguan otak, penyakit kronis, herpes, gangguan metabolisme ataupun pengaruh obat-obatan tertentu.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi cegukan yang terus menerus.

Tidur dengan lutut ditekuk

Cara yang pertama adalah dengan tidur dengan kedua lutut ditekuk. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan kadar karbondioksida di dalam tubuh. Jika kadar CO2 terpenuhi tentu saja hal ini dapat menghilangkan cegukan. Caranya yaitutidur berbaring, kemudian tekuk kedua lutut Anda ke perut dan lakukan berulang-ulang.

Tidur dengan posisi tubuh terbalik

Selain tidur dengan lutut ditekuk, Anda pun bisa tidur dengan cara posisi tubuh terbalik, yaitu kepala di bawah dan kaki di atas. Pada saat posisi tubuh seperti ini peredaran darah dalam tubuh semakin lancar, begitu pula dengan peredaran oksigen yang akan menuju ke diafragma.

Minum air lemon

Cara mengatasi cegukan selanjutnya adalah dengan minum air lemon. Manfaat jeruk lemon sendiri  memang sering digunakan untuk  untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Caranya, ambil beberapa buah lemon lalu peras dan minumlah air perasan. Air perasan lemon sangat efektif untuk mengatasi cegukan yang disebabkan oleh makanan.

Minyak kayu putih

Berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Selain dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung, minyak kayu putih juga sangat ampuh untuk menghilangkan cegukan. Caranya, oleskan minyak kayu putih pada tenggorokan dan juga perut. Sensasi panas yang ada dapat melemaskan otot diafragma, sehingga  cegukan pun dapat teratasi.

Mengatur nafas

Mengatur nafas juga dapat menghilangkan cegukan. Karena pada saat mengatur nafas akan terjadi pergantian oksigen dan juga karbon dioksida yang masuk ke dalam tubuh. Cara melakukannya pun sangat mudah yaitu tarik nafas selama beberapa menit kemudian buanglah nafas secara perlahan-lahan. Ulangi hal ini berulang kali.

Konsumsi gula

Mengonsumsi gula juga merupakan cara paling efektif untuk mengatasi cegukan.gula yang Anda konsumsi dapat membuat saraf yang berhubungan dengan diafragma untuk menghentikan cegukan tersebut.

Demikialah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi cegukan yang terus menerus.