Penyebab dan Cara Mencegah Infeksi Saluran Pernafasan

By Categories : Kesehatan

Infeksi saluran pernafasan akut atau yang yang biasa disebut dengan ISPA  adalah suatu infeksi parah pada bagian pernafasan, seperti sinus, tenggorokan, paru-paru dan juga saluran udara.  Jika tidak dicegah dan ditangani, masalah yang satu ini dapat menyebabkan pernafasan terganggu dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian karena tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Gejala yang sering dialami oleh penderita ISPA antara lain, hidung tersumbat, batuk, tenggorokan sakit, kesulitan bernafas, demam dan kesadaran menurun.

Cara Mencegah Infeksi Saluran Pernafasan

Inilah penyebab dan cara mencegah ISPA

Penyebab ISPA

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ISPA, mulai dari bakteri ataupun virus. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa mikroorganisme yang menyebabkan ISPA:

  • Adenovirus : virus ini dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pernafasan, seperti pneumonia, bronkitis dan juga pilek.
  • Rhinovirus : pada umumnya rhinovirus merupakan virus yang menyebabkan virus. Akan tetapi seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, pilek tersebut dapat berubah menjadi ISPA pada tahap yang lebih serius dan membahayakan.
  • Pneumokokus : ini adalah bakteri yang dapat menyebabkan meningitis. Tapi bakteri tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan pernafasan lainnya, seperti pneumonia.

Cara mencegah infeksi saluran pernafasan

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti yang Anda ketahui, seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sangat rentan terhadap penyakit ini. Namun jika tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, merupakan salah satu cara paling efektif untuk melawan serangan ISPA. Salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C, seperti jeruk, kiwi, apel dan lainnya.

  • Hindari merokok

Sudah menjadi rahasia umum jika asap rokok dapat menyebabkan segala macam penyakit, salah satunya yaitu infeksi saluran pernafasan. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit ini mulailah untuk berhenti merokok dan hindari asap rokok, karena asap rokok mengandung banyak mineral dan logam berbahaya yang dapat meracuni saluran pernafasan.

  • Hindari menghirup udara tercemar

Berikutnya adalah dengan cara menghindari menghirup udara tercemar. Selain asap rokok udara yang tercemar juga harus Anda hindari. Caranya, selalu gunakan masker khusus dengan sistem filter yang baik untuk mengoptimalkan penyaringan udara yang Anda hirup. Selain itu pastikan Anda selalu mencuci tangan setelah beraktivitas di tempat umum. Hal ini berguna agar Anda terhindar dari penyebaran virus dan bakteri.

  • Hindari interaksi dengan pengidap

Virus ataupun bakteri penyebab ISPA dapat menular dengan mudah melalui udara. Penularan tersebut dapat melalui partikel kecil yang keluar dari pasien ISPA ketika mereka batuk ataupun bersin. Oleh karena itu untuk terhindar dari penyakit tersebut Anda harus menghindari berinteraksi dengan pengidap ISPA. Atau, Anda juga bisa menggunakan masker untuk mencegah penularan.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mencegah infeksi saluran pernafasan. Baca juga cara menjaga kesehatan paru-paru.