Penyakit Pada Sistem Ekskresi Manusia Paling Lengkap

By Categories : Pendidikan

Penyakit pada sistem ekskresi manusia sebenarnya ada banyak sekali, sebab sistem ekskresi manusia pun ada beberapa. Nah bagi Anda yang mencari beberapa kelainan dan penyakit yang bisa terjadi pada sistem ekskresi manusia, kali ini akan membahas mengenai hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan berikut ini.

Sama seperti bagian dan organ tubuh lainnya, sistem ekskresi manusia juga bisa mengalami ganguan karena adanya kelainan datau penyakit. Dan penyakit yang menyerang sistem ekskresi dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, efek samping obat yang kita konsumsi,  kurang minum air putih, kelainan fungsi hormon, kelainan fisiologis organ ekskresi, infeksi bakteri, jamut, virus dan polusi.

Sebelum membahas mengenai apa saja penyakit yang bisa menyerang sistem ekskresi, tak ada salahnya jika Anda mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan sistem ekskresi. Seperti yang kita ketahui ada 4 sistem ekskresi pada manusia, yaitu ginjal, hati, paru-paru dan kulit. Dari satu sistem ekskresi ke sistem lainnya pastinya memiliki cara yang berbeda untuk menjaga kesehatannya.

Misalnya saja kulit, cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen saat keluar ruangan. Sebab sengatan sinar ultraviolet dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker kulit. Dan untuk menjaga paru-paru, ginjal dan hati adalah dengan mengonsumsi makanan sehat serta rutin berolahraga. Lalu apa saja penyakit yang dapat menyerang sistem ekskresi tersebut? Berikut ulasannya.

penyakit-pada-sistem-ekskresi-manusia

Inilah Kelainan dan Penyakit Pada Sistem Ekskresi Manusia

Penyakit Pada Ginjal

  • Gagal Ginjal

Yang pertama adalah gagal ginjal. Gagal ginjal sendiri merupakan salah satu kelainan pada ginjal yang menyebabkan organ ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai organ ekskresi. Penyebab gagal ginjal paling umum adalah diabetes, hipertensi dan cacat bawaan. Namun  pola dan gaya hidup tidak sehat juga dapat menyebabkan penyakit ini. Seseorang yang terkena gagal ginjal harus melakukan hemodialisis (cuci darah) atau transplantasi ginjal untuk mengobatinya.

Baca juga mengenal gejala gagal ginjal sejak dini

  • Glomerulonefritis

Glomerulonefritis adalah peradangan pada ginjal khususnya bagian glomerulus. Umumnya penyakit ini disebabkan karena infeksi bakteri Streptococcus. Peradangan pada bagian ginjal ini menyebabkan terganggunya proses filtasi atau penyaringan urine. Sehingga seseorang yang menderita penyakit ini sering menjumpai adanya darah dalam urine (hematuria).

  • Batu Ginjal (Vrolitiasis)

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Umumnya gangguan ini disebabkan karena adanya batu pada saluran urine. Batu ginjal yang tidak segera dikeluarkan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, nyeri dan sakit pada saat buang air kecil hingga kerusakan pada sel-sel ginjal.

  • Pielonefritis

Penyakit pada ginjal selanjutnya adalah pielonefritis. Pielonefritis sendiri adalah peradangan ginjal pada bagian korteks dan medula. Umumnya penyakit ini disebaban karena infeksi Eschericha coli.

Kelainan Pada Hati

  • Hepatitis

Penyakit pada sistem ekskresi manusia selanjutnya dalah hepatitis. Radang pada hati ini memang sering dialami oleh hampir setiap orang. Penyakit yang bisa menular lewat darah ini memiliki banyak tipe, seperti hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. Hepatitis dapat dicegah dengan vaksinasi.

Baca juga macam-macam penyakit pada hati dan penyebabnya

  • Penyakt Kuning

Yang kedua adalah penyakit kuning. Ada beberapa penyebab penyakit kuning, seperti sering minum minuman keras atau karena adanya penyakit yang menyebabkan saluran empedu tersumbat. Gejala penyakit kuning yang perlu diwaspadai adalah kuku jari kekuningan, mata kuning, kulit pucat kekuningan dan warna darah menjadi kekuningan.

Selain itu, beberapa penyakit yang menyerang hati adalah sirosis hati, hemokromatosis, kolestasis dan jaundice.

Penyakit Pada Kulit

  • Kurap

Jenis penyakit menular ini ditandai dengan adanya bagian kecil yang kasar pada kulit dan dikelilingi lingkaran berwarna merah muda. kurap sendiri disebabkan oleh jamur. Untuk mencegahnya Anda harus menghindari kontak sentuhan dengan penderita, menjaga kebersihan lingkungan dan mandi secara teratur.

  • Kanker Kulit

Kanker kulit adalah penyakit yang disebabkan karena kulit terlalu lama terkena sengatan sinar matahari tanpa perlindungan. Penyakit ini umumnya sering menyerang seseorang yang berkulit putih, karena mereka lebih sensitif terhadap sinar UV.

Panu, kadas, psioriasis, jerawat dan biduran juga merupakan penyakit pada kulit yang sebaiknya diwaspadai.

Penyakit pada Paru-paru

  • Pneumonia

Pneumonia adalah penyakit yang ditandai dengan alveolus dipenuhi oleh cairan sehingga oksigen susah masuk. Umumnya penyakit ini disebabkan karena jamur, virus dan bakteri yang menginfeksi alveolus.

  • TBC

Penyakit menular ini disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Untuk mencegah penyakit ini Anda bisa menghindari kontak dengan penderita TBC dan tidak menggunakan peralatan makan dan minum milik penderita TBC.

  • Asma

Berikutnya adalah asma. umumnya asma tidak menular, asma dapat terjadi dan kambuh jika penderita berada di lingkungan yang tercemar polusi.

Selain itu, emfisema, bronkitis, kanker paru-paru dan pleuritis juga merupakan penyakit pada paru-paru yang berbahaya.

Nah itulah beberapa penyakit pada sistem ekskresi manusia.