Penyakit Hepatitis A Dapat Sembuh Secara Total, Ini Syaratnya

By Categories : Berita

Beberapa waktu lalu berita tentang Hepatitis A sempat menghebohkan di kampus IPB.  Sebanyak 28 mahasiswa diduga mengidap penyakit ini. Hepatitis A merupakan infeksi hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A. Penyakit ini dapat menular melalui makanan, minuman, dan kontak langsung. Virus Hepatitis A terdapat pada pasien yang terinfeksi, sehingga makanan dan minuman merupakan media utama penularan yang perlu Anda perhatikan.

Menurut pakar kesehatan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr Ari Syam, mengungkapkan bahwa untuk mencegah penyakit Hepatitis A harus mengonsumsi sayur-sayuran, buah, istirahat yang cukup, dan pola makan yang teratur serta mengandung gizi. Kalaupun sudah terkena, pasien dapat sembuh total dengan harus istirahat yang cukup. Menjaga kebersihan diri sangat penting untuk menghindari penyakit ini, seperti cuci tangan menggunakan sabun saat sebelum dan sesudah makan. Ini karena virus Hepatitis A sangat mudah menular melalui makanan atau minuman.

Penyakit Hepatitis A Dapat Sembuh Secara Total, Ini Syaratnya

Kasus yang terjadi di kampus IPB beberapa waktu lalu memang belum pasti berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi mahasiswa, untuk itu perlu dilakukan penelitian terlebih dahulu. Namun menurut Dr Ari Syam, kasus tersebut kemungkinan besar berasal dari makanan dan minuman yang tercemar. Karena pada dasarnya penularan virus ini tidak lah mudah dan berbeda dengan Hepatitis B atau Hepatitis C, sehingga jika seseorang hanya bertemu di kampus kemungkinan virus ini menyebar kecil.

Seseoarang yang terkna penyakit Hepatitis A biasanya mata akan berwarna kuning dan urine cenderung seperti air teh. Gejala yang ditimbulkan bervariasi dari ringan hingga berat. Bahkan jika terjadi hepatitis fullminan akibat virus ini dapat menyebabkan kematian. Awalnya pasien hepatitis A akan merasakan gejala seperti terserang flu, badan sakit, mual, muntah, dan nafsu makan menurun sehingga menyebabkan lemas. Selain itu penderita Hepatitis A akan mengalami nyeri pada perut bagian kanan atas. Hal ini karena terjadinya peradangan pada liver. Mengalami masa inkubasi selama dua hingga enam minggu.

Penyakit Hepatitis A dapat sembuh total asal pasien dapat istirahat total. Obat yang dikonsumsi sebenarnya hanya untuk menghilangkan gejala-gejala yang muncul. Seperti misalnya terjadi gejala diare maka akan diberikan obat antidiare dan jika demam akan diberikan vitamin, dan sebagainya. Namun terkadang dokter memberikan obat suplemen hati yang berfungsi untuk mengurangi peradangan pada hati. Jika di Rumah Sakit biasanya penderita akan diisolasi dan dipisahkan dengan pasien lainnya.

Baca juga Macam-macam penyakit pada hati dan penyebabnya

Pasien sebenarnya memang tidak harus di rawat di Rumah Sakit, namun jika mengalami mual dan muntah dan tidak memiliki nafsu makan maka sebaiknya dirawat untuk mendapatkan cairan infus. Penyakit Hepatitis A merupakan infeksi yang endemis di masyarakat Indonesia.  Biasanya penyakit ini meningkat pada masa akhir kemarau dan awal musim penghujan.

Loading...