Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak-Anak

By Categories : Pendidikan

Pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak-anak bukanlah sebuah isapan jempol belaka. Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak-anak terbukti memberikan banyak dampak positif bagi anak-anak dan pada perkembangnya anak-anak tersebut banyak yang mencapai kesuksesan tatkala mereka menginjak usia dewasa dan terjun kedalam dunia sosial yang sebenarnya.

peran orang tua dalam pendidikan anak

Orangtua yang sibuk dengan pekerjaan sering melakukan upaya untuk menemukan cara untuk terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka, terutama di sekolah-sekolah mereka. Bukti menunjukkan bahwa memiliki orang tua terlibat di sekolah dasar (SD) akan menuai efek positif yang akan berlangsung seumur hidup anak. Jadi tidak hanya peran guru dan lingkungan yang penting tetapi peran orang tua juga memegang peranan yang sangat penting dalam prestasi belajar anak.

Sebuah publikasi oleh Divisi Penelitian dan Pendidikan Sekolah Kamehameha membuat catatan bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan dasar anak-anak memiliki dampak positif untuk melanjutkan nilai akademis anak melalui sekolah tinggi. Berdasarkan bukti-bukti yang mereka melihat, menjadi tertarik dan terlibat dalam pendidikan awal anak-anak memiliki efek positif selama karir akademik anak, meskipun orang tua tidak terlibat di tingkatan sekolah yang lebih tinggi misalnya di universitas. Konsisten dengan temuan ini, Sekolah Kamehameha juga menemukan bahwa di kelas lima SD, mereka yang orang tuanya tidak terlibat dalam pendidikan mereka memiliki nilai lebih rendah di jenjang sekolah yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan orang tua terlibat aktif di kelas lima.

Peningkatan prestasi akademik di antara siswa yang orang tuanya terlibat dalam pendidikan dasar mereka tampaknya memiliki efek global, menurut Sekolah Kamehameha. Sebagai contoh, orangtua mungkin bekerja sebagai seorang sejarawan mendampingi anak belajar dirumah dan terlibat dalam program sejarah di sekolah dasar anaknya. Anak akan memiliki nilai yang lebih tinggi dalam semua mata pelajaran karena keterlibatan ayahnya, bukan hanya nilai sejarahnya. Juga nilai matematika, bahasa inggris dan sainsnya diharapkan menjadi lebih tinggi sebagai akibat dari keterlibatan ayahnya dalam pendidikannya. Baca juga cara meningkatkan motivasi belajar diri sendiri

Profesor sosiologi Sophia Catsambis dari Queens College, dalam sebuah laporan tahun 1998, membahas bukti bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan pada tingkat sekolah tinggi memiliki efek positif pada perilaku siswa dan sikap terhadap sekolah, dan prestasi akademik. Dia juga menunjukkan bahwa kurangnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak memberikan efek yang sangat signifikan, dan bukti yang dikumpulkan sejauh ini cukup menjanjikan. Keterlibatan orang tua di sekolah tinggi termasuk penataan waktu kapan saat mengerjakan PR sekolah, kapan membantu orang tua mengerjakan tugas sehari-hari dirumah dan keterlibatan siswa dalam kegiatan sekolah memberikan dampak yang jauh lebih positif.

Para peneliti di Vanderbilt University melihat keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak membuat mereka lebih bangga dan meningkatkan perasaan positif pada diri siswa. Mereka mampu melakukan pekerjaan mereka dengan baik, tetapi juga merasakan kebanggaan dan prestasi pribadi ketika mereka menyelesaikan tugas. Disini peran orang tua tidak hanya membantu secara teknikal menyelesaikan soal dari sekolah tetapi juga membangun psikologi anak. Dengan dampak positif yang dihasilkan oleh pendidikan yang melibatkan orang tua, maka Pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak-anak tidak bisa kita abaikan lagi bahkan mungkin orang tua perlu pendidikan tambahan untuk keperluan ini. Ayah, bunda.. mari sempatkan waktu membantu anak kita belajar demi masa depan mereka, karena pendidikan dan agama adalah warisan paling berharga untuk mereka.

loading...
terms: peran orang tua dalam pendidikan anak, peran orang tua terhadap pendidikan anak, peranan orang tua dalam pendidikan anak, cara peran orang tua dalam pendidikan anak, pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak, peran orang tua dalam pendidikan, peran orang tua dalam belajar anak, pengaruh orang tua terhadap pendidikan anak, keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak, peranan penting orang tua dalam mendidik anak, dampak peranan orang tua, peran orang tua dalam pendidikan anak menurut para ahli