Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah

By Categories : Umum

Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah. Orang tua yang mempunyai anak usia sekolah dasar mungkin lebih ekstra perhatian terhadap kemajuan dan perkembangan belajar anak. Salah satu bentuk perhatian itu adalah mendampingi mereka ketika belajar di rumah. Banyak sekali yang dapat dilakukan orang tua terhadap belajar anak di rumah.

Membimbing anak berarti membantu anak untuk mencapai tujuan tertentu secara optimal .  Dalam hal belajar, tujuan tertentu dimaksud adalah segala upaya membantu anak untuk  mencapai prestasi belajar secara optimal. Upaya ini dapat dilakukan oleh orang tua atau orang dewasa yang ada di lingkungan rumah tangga.

Mendampingi Anak Belajar Di Rumah

Hal Yang Dapat Dilakukan Orangtua

Keikutsertaan orang tua dalam belajar anak  diawali dengan pahamnya orang tua terhadap jadwal pelajaran anak. Orang tua juga hafal daftar pelajaran si anak dalam satu minggu. Biasanya, jadwal pelajaran anak ditempel di dinding kamar mereka atau ditulis pada papan kecil yang sudah disediakan.

Jika orang tua menguasai mata pelajaran dasar anak, tentu akan mudah membantu mereka jika mengalami kesulitan belajar. Kadang-kadang orang tua memerlukan media untuk membantu anak belajar di rumah. Salah satu media yang digunakan adalah papan tulis kecil. Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan papan tulis ini. Tempatkan papan tulis ini dekat dengan meja belajar dan mudah dilihat agar anak dengan mudah membacanya.

Lebih jauh lagi, orang tua juga mengetahui mana mata pelajaran yang kurang dikuasai putra putri mereka. Pengetahuan orang tua terhadap penguasaan anak terhadap materi belajar diperoleh melalui berkas nilai yang diberikan oleh guru. Jika ada nilai ulangan yang tidak tuntas berarti anak belum menguasai materi pelajaran. Nah, disinilah Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah.  Kami rasa, untuk pelajaran setingkat sekolah dasar atau menengah pertama, pelajaran anak mungkin dapat  dipahami orang tua.

Apakah harus tiap malam harus mendampingi anak belajar? Tidak. Anak juga perlu dilatih untuk belajar mandiri. Mengatasi masalah belajarnya sendiri. Tidak hanya pihak sekolah yang berperan mengembangkan kemandirian siswa. Orang tua justru memiliki peran lebih istimewa.

Loading...