Pentingnya kejujuran dalam berbisnis online

By Categories : Bisnis, Teknologi

Pentingnya kejujuran dalam berbisnis online merupakan modal utama anda jika ingin usaha bisnis online bisa berjalan dengan lancar. Hal ini karena dalam bisnis online,setiap transaksi yang akan dilakukan tidak bisa dilakukan dengan face to face, atau berhadapan langsung dengan partner bisnis. Namun sebaliknya, kita melakukan transaksi buta yang mana hanya bermodalkan rasa percaya. Dalam melakukan bisnis online,jika kita sebagai pihak sang penjual, biasanya kita akan memberikan gambar yang kita jual lengkap dengan spesifikasi yang ada. Dalam proses ini, spesifikasi sesuai dengan apa yang kita jual sangatlah penting agar sang pembeli tidak kecewa pada saat barang yang sudah dibeli. Jadi, jika anda menjual barang dengan berbagai harga berdasarkan tingkat kualitas yang berbeda, maka sebaiknya anda jujur kepada pelanggan anda, sehingga mereka bisa menerima konsekuensinya jika ingin membeli barang dengan tingkat kualitas yang lebih rendah.

wajib jujur

Jika anda jujur dalam menjual barang dagangan anda, maka bisnis anda akan semakin dipercaya semakin para pembeli tidak akan pernah ragu untuk kembali berbisnis dengan anda. Namun sayangnya, saat ini tingkat kejahatan dalam jual beli online masih sangat banyak,seperti barang yang dipesan tidak pernah diantar ataupun barang yang dijual ternyata tidak sesuai dengan yang dipromosikan sehingga banyak para pembeli yang takut melakukan transaksi secara online. Akibat banyaknya kejahatan dalam bisnis online ini, membuat para pebisnis online yang memang jujur mengalami banyak kerugian. Agar terhindar dari penipuan dalam melakukan transaksi online, kecermatan dan kewaspadaan dalam memilih penjual sangat diperlukan.

Sementara itu, kejujuran dalam berbisnis online juga penting bagi sang pembeli. Selama ini, penipuan yang dilakukan oleh sang pembeli juga marak dilakukan. Modus yang dilakukan biasanya mereka dengan berbagai alasan tidak mau membayar terlebih dahulu, sehingga membuat sang penjual tidak ada pilihan lain selain mengirimkan barang terlebih dahulu, namun begitu barang dikirim, ternyata sang pembeli tidak pernah membayar barang yang dibelinya. Modus ini biasa digunakan ketika sang pembeli telah melakukan beberapa transaksi. Untuk itu para penjual sebaiknya juga jangan lengah mskipun sang pembeli telah berulangkali melakukan transaksi bersama-sama.

Pentingnya kejujuran dalam berbisnis online akan menentukan masa depan bisnis anda dimasa depan. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh para pebisnis lainnya yang sudah jauh lebih lama berkecimpung dalam dunia bisnis online. Bagi mereka yang jujur dalam melakukan bisnis, meraih kepercayaan dalam melakukan berbagai transaksi akan lebih mudah diterima oleh partner bisnis yang baru. Selain itu, melakukan bisnis yang tidak jujur juga akan beresiko dengan diblacklisnya nama anda. Mungkin anda akan berpikir bahwa melakukan kejahatan dalam dunia maya tidak ada hukumnya,pada kenyataannya pernyataan ini adalah salah besar. Jika melakukan kejahatan dalam dunia maya, maka pihak aparat keamanan akan menindak anda. Untuk itu selalu jujurlah dalam berbisnis.