Peninggalan Kerajaan Singasari di Indonesia

By Categories : Pendidikan

Pada artikel kali ini kita akan mengulas sedikit tentangpeninggalan kerajaan singasari di Indonesia. Kerajaan Singasari merupakan sebuah kerajaan Hindu Budha yang tepatnya berada di Jawa Timur yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 masehi. Untuk letak kerajaan tersebut diperkirakan terletak di daerah Singosari, Malang. Hal ini dibuktikan dengan beragam peninggalan dari kerajaan Singasari dari mulai prasasti, bangunan candi dan berupa arca atau patung. Selain dari pada itu juga dibuktikan melalui kitab sastra peninggalan zaman Majapahit yang berjudul Negarakertagama karangan Mpu Prapanca. Di dalam kita tersebut menjelasakan mengenai raja-raja yang sempat memerintah di kerajaan singasari. Lantas apa saja  peninggalan kerajaan Singasari? Simak ulasan berikut ini!

Peninggalan Kerajaan Singasari di Indonesia

Inilah Peninggalan Kerajaan Singasari yang Dapat Anda Ketahui

Candi Singasari

Peninggalan kerajaan Singosari yang pertama adalah candi Singasari yang terletak di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Menurut penyebuta dari isi kitab Negarakertagama serta Prasasti Gaah Mada yang tertanggal 1351 masehi. Candi Singasari dinyatakan sebagai salah satu tempat “pendharmaan”bagi para raja Singasari terakhir yaitu Sang Kartanegara yang meninggal pada tahun 1292. Baca juga kisah Sunan Kalijaga.

Arca Dwarapala

Kedua adalah Arca Dwarapala, arca ini memiliki bentuk yang sangat besardan sangat menyeramkan layaknya seperti monster. Menurut pernyataan dari penjaga situs sejarah ini, arca Dwarapala merupakan sebuah tanda jika telah masuk dalam wilayah Kotaraja. Namun sayangnya sampai saat ini belum ditemukan secara pasti letak Kotaraja Singasari.

Prasasti Singasari

Peninggalan kerajaan Singasari yang ketiga adalah prasasti Singasari yang ditemukan terakhir pada tahun 1351 Masehi di Singasari, Malang, Jawa Timur. Untuk prasasti Singosari sampai sekarang di simpan di Museum Gajah dan ditulis dengan aksara jawa. Adapun tulisan tersebut bertujuan untuk mengenang sebuah pembangunan caitya atau candi pemakaman oleh Mahapati Gajah Mada. Dalam paruh pertama prasasti ini ditemukan pentarikan tanggal yang sangat terperinci dan pemaparan benda-benda yang terletak di luar angkasa. Sedangkan untuk paruh kedua sendiri adalah mengemukakan maksud dan tujuan dari prasasti tersebut.

Candi Jawi

Candi ini terletak di jalan raya antara kecamatan Pandaan dengan kecamatan Prigen.Candi Jawi ini konon katanya merupakan sebuah tempat yang digunakan sebagai peribadatan Budha . Tapi sebenarnya  candi ini merupkan tempat pendharmaan atau penyimpanan abu dari raja Singasari, Kartnegara. Untuk ab tersebut sebagian besar abu tersebut di simpan di ketajaan Singasari dan untuk keberadaan candi ini sendiri tepat dengan candi Jago.

Candi Kidal

Untuk peninggalan kerajaan Singasari yang terakhir adalah candi kidal. Candi kidal merupakan candi warisan dar kerajaan Singasari. Menurut sejarah pembangunan candi Kidal ini merupakan bentuk penghargaan atas jasa besar Anusapati merupaka raja kedua Singasari.

Baca juga artikel terkait lainnya Sejarah Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

terms: prasasti adityawarman peninggalan kerajaan singasari