Pengertian Energi Kinetik beserta Contohnya

By Categories : Pendidikan

Energi kinetik disebut juga sebagai energi gerak yang dimiliki pada sebuah benda yang terkena gaya. Energi kinetik juga dapat diartikan sebagai usaha yang diperlukan pada sebuah benda yang memiliki massa yang awalnya diam menjadi bergerak dengan kecepatan tertentu. Energi kinetik ini sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih jelas lagi pengertian energi kinetik beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari, simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Energi Kinetik beserta Contohnya

Berikut Pengertian Energi Kinetik beserta Contohnya

Sebelum membahas lebih jauh mengenai energi kinetik, alangkah baiknya jika Anda mengetahui awal mula dari kata kinetik. Energi Kinetik berasal dari bahasa Yunani yakni “Kinesis” yang berarti gerak dan “Energeia” yang berarti aktif bekerja. Secara umum energi kinetik berarti gerak untuk melakukan pekerjaan aktif. Tidak hanya energi kinetik yang terdapat di dalam dunia ini, sebenarnya setiap hal mempunyai jenis energi yang berbeda.

Sebagai contoh energi panas yang mempunyai molekul atau atom yang bergerak sehingga energi panas ini merupakan variasi dari energi kinetik yang terkena akibat dari gesekan antara benda tersebut dengan media atau benda lain.

Terdapat dua jenis energi kinetik yakni energi kinetik translasi dan energi kinetik rotasi. Untuk energi kinetik translasi merupakan energi yang dimiliki pada suatu benda yang mengalami suatu gerak garis lurus. Sementara untuk energi kinetik rotasi merupakan energi yang terdapat pada suatu objek yang berputar. Bagaimana Anda sudah mengetahui mengenai perbedaan kedua energi kinetik?

Energi kinetik memiliki rumus yakni setengah dari massa suatu benda tersebut dikali kecepatan kuadrat benda tersebut (1/2 x M x V²). Seperti yang kita ketahui bahwa suatu benda yang bergerak mempunyai energi gerak atau energi kinetik. Sebagai contoh energi kinetik dalam kehidupan sehari hari : sebuah kendaraan yang berjalan, bola yang menggelinding di lantai, seseorang yang berjalan, seseorang yang memindahkan meja, dan banyak lagi contoh terhadap energi gerak. Pada intinya adalah segala sesuatu yang bergerak dengan memanfaatkan suatu energi atau mendapatkan gaya. Baca Manfaat Energi Nuklir Bagi Manusia

Konsep yang mendasar di balik energi kinetik adalah bagaimana proses transfer energi yang bekerja pada suatu objek. Contohnya adalah suatu benda yang mulanya diam, maka benda tersebut mempunyai energi potensial. Ketika sebuah kekuatan atau energi diterapkan pada benda tersebut, maka secara otomatis energi potensial akan berubah menjadi energi kinetik. Setelah mendapatkan proses transfer maka energi kinetik pada suatu benda bisa diubah menjadi bentuk lain diantaranya elastisitas, gravitasi, atau juga potensi.

Di dalam kehidupan sehari-hari pastinya banyak yang kita manfaatkan. Gerak yang dihasilkan pun bervariasi mulai dari horizontal dan juga vertical. Hanya saja gerak yang didapatkan dari sebuah energi tergantung dengan massa atau berat benda dari suatu objek tersebut. Semakin besar massa atau berat suatu benda maka akan semakin cepat gerak objek tersebut dan pastinya energi kinetik pada benda tersebut akan semakin besar.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai pengertian energi kinetik beserta contohnya yang dapat Anda ketahui. Baca Sumber Energi Terbarukan dan Ramah Lingkungan