Pengertian dan Perbedaan Xilem dan Floem

By Categories : Pendidikan

Seperti yang Anda ketahui xilem dan floem merupakan sebuah jaringan pengangkut atau yang biasa disebut dengan sistem vaskular. Kedua jaringan pengangkut tersebut berfungsi untuk mengangkut zat-zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Meskipun sama-sama berfungsi sebagai pengangkut, akan tetapi xilem dan floem memiliki beberapa perbedaan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah pengertian dan perbedaan xilem dan floem.

perbedaan xilem dan floem

Inilah definisi serta perbedaan dari xilem dan floem

Pengertian Xilem

Xilem atau pembuluh kayu merupakan salah satu jaringan yang terdapat di dalam tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta). Pembuluh kayu ini memiliki fungsi untuk menyalurkan zat yang digunakan untuk fotosintesis dari akar menuju ke daun. Xilem sendiri tersusun oleh jaringan pengangkut yang kompleks yang terdiri dari berbagai bentuk sel. Pada umumnya sel penyusun xilem telah mati dengan membran selnya yang tebal dan mengandung lignin. Selain sebagai alat pengangkuat, xilem juga berfungsi sebagai jaringan penguat.

Unsur utama xilem

  1. Trakeid

Trakeid berfungsi sebagai unsur penopang dan penghantar air. susunan dari sel trakeid sendiri terdiri atas sel-sel sempit dan biasanya mengalami penebalan sekunder serta dinding selnya sering bernoktah.

  1. Trakea (komponen pembuluh)

Trakea memiliki ukuran yang lebih besar dari pada sel-sel trakeid dan membentuk untaian sel-sel yang panjang. Penebalan yang terjadi terdiri dari zat lignin yang tipis. Dindingnya yang berlubang-lubang  digunakan sebagai tempat lewat air.

  1. Parenkim xilem

Parenkim xilem biasanta terdiri dari sel yang masih hidup serta dapat dijumpai pada xilem primer dan sekunder. Parenkim yang biasa dijumpai pada xilem sekunder yaitu parenkim jari-jari empulur dan parenkim kayu.

Pengertian Floem

Floem atau pembuluh tapis adalah jaringan pengangkut yang berfungsi sebagai alat transportasi untuk mengedarkan  zat-zat makanan yang merupakan  hasil dari  fotosintesis. Floem disusun oleh beberapa sel yang masih aktif atau hidup.

Unsur utama floem

  1. Unsur-unsur tapis

Unsur-unsur tapis memiliki ciri-ciri yaitu intinya hilang dari protoplas dan daerah tipis di dinding. Daerah tapis merupakan daerah noktah yang termodifikasi.

  1. Sel pengantar

Sel pengantar merupakan sel muda yang bersifat meristematik. Sel ini memiliki peranan untuk keluar masukknya zat-zat makanan melalui pembuluh tapis.

  1. Sel albumin

Fungsi dari sel ini sama seperti sel pengantar, yaitu untuk keluar masuknya zat-zat makanan melalui pembuluh tapis.

  1. Parenkim floem

Sel-sel hidup yang berfungsi untuk menyimpan zat-zat tepung, lemak dan lainnya .

  1. Serat-serat floem

Perbedaan xilem dan floem

  1. Xilem berfungsi untuk mengangkut bahan fotosintesis yang berupa mineral dan air. sedangkan floem berfungsi untuk mengangkut hasil dari fotosintesis yang berupa nutrsisi makanan dari daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan.
  2. Xilem terbuat dari sel yang sudah mati sedangkan floem terbuat dari sel yang masih hidup.
  3. Xilem memiliki membran sel yang bersifat permeabel sehingga dapat dilewati air. Sedangkan floem memiliki membran sel yang bersifat selektif permeabel atau hanya dapat dilalui molekul tertentu.
  4. Xilem memiliki dinding berukuran tipis yang terbuat dari zat lignin. Sementara floem memiliki ukuran yang tebal dan terbuat dari selulosa.
  5. Jaringan yang menyertai xilem adalah jaringan serabut, sedangkan pada floem adalah jeringan sel pengiring,

Nah itulah pengertian dan perbedaan xilem dan floem. Baca juga jenis dan fungsi jaringan meristem pada tumbuhan.

Loading...
terms: pengertian xilem Dan floem, xilem dan floem, xilem adalah, pengertian xilem, xilem, perbedaan xilem dan floem, xylem adalah, pengertian floem dan xilem, floem dan xilem, arti dari xylem dan floem, floem dan xilem arti, xylem dan floem