Pengertian dan Penyebab Diare

By Categories : Kesehatan

Diare menjadi salah satu hal penyakit yang tidak diinginkan kebanyakan orang. Diare dapat menyebabkan permasalahan pada buang air besar pada orang secara tidak normal yang terus terjadi berulang-ulang. Penyakit diare dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan, karena rasa perut sakit dan keingin untuk ke kamar mandi secar terus-menerus.

Diare menyebabkan cairan dan beberapa zat di dalam tubuh akan berkurang. Ini dikarenakan frekuensi buang air besar yang tidak normal. Oleh karena itu diare dapat dikatakan sebuah penyakit yang terjadi dalam sistem buang air besar dengan frekuensi yang tidak normal. Penyakit diare biasanya dapat sembuh dalam beberapa hari, dan dibedakan menjadi 2 yakni diare akut dan juga diare kronis.

Untuk diare akut merupakan diare yang normalnya hanya berlangsung kurang dari satu sampai 2 minggu saja, sedangkan untuk diare kronis berlangsung selama lebih 3 minggu yang dimana si pasien tidak kunjung sembuh. Diare tidak hanya ditandai dengan buang air besar meningkat atau terlalu sering, tetapi juga ditandai dengan beberapa gejala. Gejala-gejala yang terjadi pada orang dewasa dan anak-anak berbeda.

Gejala pada anak biasanya ditandai dengan frekuensi buang air besar meningkat, mual-mual, tubuh terasa demam, mulut menjadi kering, terjadi kram pada perut, sampai dengan terdapat darah pada tinja. Sedangkan untuk orang dewasa biasanya ditandai dengan tubuh terasa lemah, frekuens buang air besar meningkat dan tidak terkontrol dengan baik, rasa haus berlebihan yang menyebabkan mulut menjadi kering, tubuh demam dengan suhu lebih dari 39 derajat celcius, sampai dengan terjadi kram pada perut.Pengertian dan Penyebab Diare

Penyebab Diare yang Perlu Diketahui

  • Untuk penyebab diare sendiri disebabkan oleh beberapa faktor penyebab seperti terjadi infeksi yang disebabkan oleh virus pada organ sistem pencernaan tubuh. Rotavirus yang menjadi penyebab diare akut pada anak paling sering.
  • Infeksi parasite dan juga bakteri. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan parasite dapat melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dengan adanya kontaminasi pada makanan dan minuman membuat seseorang bisa terkena diare. Oleh sebab itu faktor kebersihan makanan menjadi salah satu kunci untuk mencegah diare.
  • Alergi pada beberapa makanan dan minuman. Untuk sebagian orang alergi terhadap beberapa makanan dan minuman. Tidak hanya rasa gatal yang dapat ditimbulkan, melainkan sampai dengan diare setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Yang paling sering terjadi adalah intoleransi laktosa yakni gula pada susu yang sering dialami oleh sebagian orang.
  • Makanan yang mengandung pemanis buatan. Selain makanan yang terkontaminasi terhadap baketri dan parasite, makanan yang mengandung pemanis buatan juga turut menjadi penyebab seseorang terkena diare.
  • Dapat disebabkan oleh reaksi dari obat-obatan. Penyebab berikutnya adalah berasal dari reaksi obat-obatan. Salah satu obat-obatan yang kebanyakan dialami sebagian orang adalah jenis antibiotik. Antibiotik dapat membunuh kuman baik dan jahat, sehingga dapat berakibat diare jika dikonsumsi secara terus-menerus akibat terganggunya bakteri baik di dalam usus.

Nah itulah tadi ulasan mengenai pengertian dan penyebab diare yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Manfaat temulawak untuk kesehatan.

loading...