Pengertian dan Bentuk Investasi Jangka Panjang

By Categories : Bisnis

Beberapa negara di dunia saat ini sedang melakukan berbagai kebijakasanaan dengan tujuan untuk meningkatkan investasi baik domestik ataupun modal. Ini dilakukan untuk mendorong perekonomian negara tersebut, dapat menyerap tenaga kerja, dan penghematan devisa negara. investasi tersebut bisa untuk jangka pendek dan panjang. Sebelum menentukan jenis investasi yang akan Anda pilih, tentu Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

investasi

Investasi jangka panjang merupakan investasi dimana dana yang kita masukan akan diputar dan baru dapat dicairkan dalam waktu minimal satu tahun. Jenis investasi ini juga dapat disebut sebagai penanaman modal suatu perusahaan agar memperoleh pendapatan tetap atau menguasai perusahaan tersebut.  Adapun tujuan investasi jenis ini adalah untuk memperoleh pendapatan tetap setiap periode, seperti bunga, royalti, uang sewa, dan sebagianya. Dapat membentuk suatu dana khusus, mengontrol dan mengendalikan perusahaan tersebut melalui kepemilikan perusahaan dan menjamin tersedianya bahan baku.

Berikut tentang investasi jangka panjang

Ada banyak pilihan perusahaan untuk menentukan investasi jenis ini. Misalnya dalam bentuk tanah dan bangunan. Inivestasi ini disebut juga dengan investasi properti. Kemudian ada juga yang memilih investasi dalam bentuk obligasi.

  1. Saham

Saham merupakan surat berharga yang dapat dijadikan sebagai media investasi. Saham juga sering disebut sebagai tanda kepemilikan seseorang terhadap suatu perusahaan. Artinya saham sebagai bukti jika pemilik saham juga merupakan bagian dari pemilik perusahaan. Umumnya sebuah perusahaan akan mendapatkan suntikan dana dari para investor dengan cara menerbitkan saham. Ini berbeda dengan obligasi, karena saham merupakan sebuah pernyataan. Sedangkan obligasi adalah surat hutang. Saham terdiri dari dua, yakni saham biasa dan saham preferen.

Saham biasa merupakan keterangan kepemilikan dari suatu perusahaan. Seseorang yang memiliki saham pada suatu perusahaan akan menanggung untung rugi. Sedangkan saham prefen hampir sama dengan saham biasa namun memiliki hak istimewa di antaranya adalah lebih diprioritaskan dalam pembagian deviden dna bersifat konvertibilitas atau dapat dirubah menjadi saham biasa.

  1. Reksadana

Ada juga investor dalam menentukan investasi jangka panjang tidak dilakukan secara langsung. Dalam hal ini menggunakan perantara, yakni perusahaan reksa ana. Dana yang sudah terkumpul dari beberapa investor dengan jumlah yang besar kemudian digunakan untuk investasi ke perusahaan sesuai posisi penawaran yang dilakukan reksadana. Karakteristik reksadana dibagi menjadi dua, yakni reksadana terbuka dan tertutup.

Reksadana terbuka merupakan reksadana yang dapat dijual kembali pada perusahaan manajemen investasi yang menerbitkan tanpa melewati mekanisme perdagangan di bursa efek. Biasanya harga jualnya sama dengan nilai aktiva bersihnya. Kebanyakan reksadana saat ini merupakan reksadana terbuka.

Reksadana tertutup merupakan reksadana yang tidak dapat Anda jual kembali pada perusahaan manajemen investasi yang menerbitkan. Reksadana tertutup hanya dapat dijual kembali kepada investor lain dengan mekanisme perdagangan Bursa Efek.

  1. Investasi program pensiun

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk-produk unggulannya yang dipadukan dengan program investasi. Progmar tersebut biasanya berupa investasi dana pensiun. Jadi, jika Anda tiba pada masa pensiun maka investor akan mendapatkan dana yang berasal dari pengembangan yang dilakukan pihak asuransi.

  1. Investasi emas

Emas merupakan salah satu logam berharga yang kehadirannya mampu diterima semua kalangan. Ini karena emas merupakan logam yang mudah dibentuk dan biasa digunakan sebagai perhiasan membuat emas menjadi salah satu pilihan investasi jangka panjang yang aman. Saat ini banyak orang yang memilih investasi emas karena emas memiliki nilai jual yang lebih stabil dan dianggap mampu menggantikan mata uang tanpa batasan aset penting. Selain itu investasi emas juga aman karena setiap saat dapat diuangkan ketika Anda membutuhkannya. Mereka memilih investasi emas karena nilai tukar US Dollar searah dengan emas. Keuntungan akan berlipat ketika harga jual emas sedang melonjak naik.

  1. Obligasi

Ini merupakan surat bukti pemberian pinjaman kepada perusahaan atau pihak yang menerbitkan obligasi dan harus dilunasi pada waktu yang sudah ditetapkan. Dari sini investor mendapatkan penghasilan dari bunga efektif yang berbeda dengan tingkat bunga nominal.

Tujuan investasi jangka panjang

  • Akan memperoleh pendapatan tetap dalam periode tertentu. Pendapatan tetap tersebut dapat diperoleh dari royalti, bunga, uang sewa, deviden, serta bentuk lain dari keuntungan yang diperoleh perusahaan.
  • Investasi jangka panjang dapat digunakan dalam membentuk dana khusus, misalnya untuk kepentingan sosial dan kepentingan ekspansi.
  • Sebagai kontrol dalam mengendalikan perusahaan lain yaitu dengan memiliki sebagian ekuilitas dari perusahaan terkat.
  • Menjamin ketersediaan bahan baku untuk mendapatkan pangsa pasar dalam produk yang dihasilkan sehingga mampu meminimalisir risiko kerugian.
  • Dapat menjaga hubungan antar perusahaan.

Itulah pengertian dan beberapa jenis investasi jangka panjang yang dapat Anda coba. Sebelum melakukan investasi, Anda disarankan untuk memperhatikan perusahaan yang ingin Anda investasikan. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Loading...
terms: pengertian investasi jangka panjang, mengapa investasi saham merupakan investasi jangka panjang