Pengertian Analisis SWOT Lengkap dengan Manfaatnya

By Categories : Pendidikan

Pada umumnya pengertian Analisis SWOT adalah sebuah metode perencanaan yang digunakan untuk membantu penyusunan suatu rencana guna untuk mencapai tujuan, baik tujuan jangka panjang ataupun jangka pendek. Analisis SWOT juga digunakan untuk mengevaluasi SWOT itu sendiri, yaitu strenght, weakness, opportunities dan juga threats.  Analisis ini merupakan Sebuah teori yang diperkenalkan pertama kali oleh Albert S humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahan Fotune 500.

Pengertian Analisis SWOT

Pengertial analisis SWOT lainnya adalah suatu bentuk analisis dari sauatu kondisi yang bersifat memberi suatu gambaran atau deskriptif. Hasil dari analisis ini adalah arahan ataupun sebuah rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari peluang yang ada dan pastinya menghindari beberapa kekurangan dan ancaman yang ada. Analisis SWOT juga memiliki beberapa faktor, berikut ulasannya.

Pengertian analisis SWOT dan faktor-faktor yang mempengaruhinya

Strengt (kekuatan)

Strengt atau kekuatan merupakan sebuah karakteristik dari organisasi yang memberikan keuntungan ataupun kelebihan. Untuk mengetahui apa saja kekuatan dari perusahaan, Anda harus melakukan beberapa analisis seperti, kelebihan apa yang dimiliki organisasi dan apa yang membuat perusahaan kita lebih menarik dari perusahaan lain. Hal ini sangat berguna untuk mengisi segmen pasar yang belum ada agar kualitas dari perusahan tetap berkembang dan maju.

Weakness (kelemahan)

Yang kedua adalah analisis kelemahan. Kelemahan merupakan salah satu kendala serius yang mempengaruhi kemajuan dari suatu perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menutupi kelemahan, Anda harus mengetahui apa saja yang harus ditingkatkan dalam organisasi, apa yang harus dihindari, faktor apa saja yang menyebabkan konsumen menghindari serta apa yang harus dilakukan agar menjadi perusahaan yang lebih baik dari pada pesaing. Hal-hal tersebut harus diperhatikan agar sebuah organisasi ataupun perusahaan lebih baik dan maju.

Opportunities (peluang)

Pengertian analisis SWOT dan faktor selanjutnya adalah oppotunities. Peluang yang ada dapat digunakan suatu organisasi lebih berkembang di kemudian hari. Untuk mendapatkan hal ini, Anda harus mengetahui kesempatan apa yang dapat dilihat serta trend apa saja yang sejalan dengan perusahaan.

Threats (ancaman)

Selain kelemahan, ancaman juga merupakan kendala yang cukup serius yang dapat menghambat perkembangan perusahaan. Untuk mengatasi ancaman ini, perusahaan harus lebih bijak dan memiliki sebuah konsep baru. Perubahan strategi pesaing juga dapat mengancam perusahaan Anda di pasar. Anda juga harus mengetahui hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang dan adakah perubahan peraturan pemerintah yang mengancam perkembangan perusahaan.

Manfaat Analisis SWOT

Setelah mengetahui pengertian analisis SWOT dan beberapa fakor yang mempengaruhinya, analisis SWOT juga memiliki manfaat. Manfaat dari analisis SWOT adalah untuk melihat suatu permasalahan ataupun topik dari empat sisi yang berbeda. Dalam kata lain, analisis SWOT juga bermanfaat untuk melakukan analisis strategis suatu perusahaan.