Pencegahan Korupsi Sejak Dini

By Categories : Pendidikan

Korupsi, tak henti – hentinya setiap hari banyak media masa yang memberitakan mengenai hal yang satu ini. Dan semua orang juga tahu, bahwa korupsi sendiri adalah penyebab rusaknya suatu Bangsa. Para pemimpin Negara sendiri juga sudah sering mengadakan sosialisasi pencegahan korupsi sejak dini. Yang berawal dari kepemimpinan SBY – JK di tahun 2004, di mana pada masa pemerintahan tersebut sering menyerukan untuk mengajak masyarakat bersama – sama memerangi korupsi. Tetapi sayangnya hingga kini walaupun berganti pemimpin SBY – Boediono pemberantasan korupsi masih berjalan lamban, dan bahkan ada kesan tebang pilih. Sehingga tak heran masih banyak pelaku korupsi yang bertebaran di Indonesia. Berbagai cara sudah dilakukan untuk memberantas penyakit masyarakat tersebut. Dan yang paling fenomenal hingga kini yaitu terbentuknya lembaga khusus untuk memberantas korupsi, yang bernama KPK – Komisi Pemberantasan Korupsi.

anak anti korupsi sejak dini

Walaupun adanya KPK, ternyata hingga kini juga tidak memberikan efek jera kepada pelaku korupsi. Tentunya hal tersebut juga sangat memprihatinkan, mengingat KPK sendiri juga merupakan salah satu lembaga yang menjadi harapan masyarakat untuk memberantas korupsi. Dan kini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan juga ikut turun tangan untuk memberantas korupsi. Tidak hanya dengan menindak para koruptor tetapi dengan cara pencegahan korupsi sejak dini. Yaitu melalui pendidikan.

Cara yang dipilih oleh Kementrian Pendidikan dan kebudayaan tersebut yaitu dengan cara memasukan pendidikan anti korupsi ke dalam mata pelajaran di sekolah. Hal tersebut dilakukan dengan harapan menjadi salah satu senjata yang paling efektif untuk mencegah terjadinya korupsi mulai dini. Selain itu dengan adanya pendidikan anti korupsi ini diharapkan juga para siswa memiliki pendirian serta jiwa anti korupsi. Dengan memiliki jiwa anti korupsi itulah, makan bisa menjadikan benteng bagi mereka agar tidak melakukan kegiatan korupsi di masa yang akan mendatang. Oleh sebab itulah, usulan yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut harus bisa bekerja sama dengan KPK agar bisa cepat direalisasikan. Karena pada dasarnya rencana mengenai pendidikan anti korupsi di sekolah – sekolah juga sama dengan tujuan pendidikan nasional.

Yaitu menciptakannya para peserta didik agar kelak menjadi seorang manusia yang memiliki iman serta bertakwa kepada Tuhan YME, memiliki akhlak mulia, berilmu, sehat, cakap serta kreatif dan mandiri. Serta juga diharapkan bisa menjadi warga Negara yang bertanggung jawab dan nasionalis. Sedangkan inti dari ditetapkannya pendidikan anti korupsi sendiri yaitu agar para peserta didik memiliki karakter selalu bersikap jujur di dalam hidupnya. Namun upaya dari pendidikan anti korupsi ini juga akan sulit dicapai jika tidak adanya dukungan dari warga sekolah, terutama para guru dan juga kepala sekolah. Karena keteladanan merupakan kunci utama dari sebuah keberhasilan dalam penerapan pendidikan korupsi. Oleh sebab itu para pendidik juga harus aktif untuk memberikan keteladanan bagi murid – muridnya agar tidak melakukan tindakan korupsi. Tentunya upaya pencegahan korupsi tersebut bisa berjalan dengan baik jika semua elemen di bangsa Indonesia ini bersatu untuk melawan korupsi.

terms: cara mencegah korupsi sejak dini, pencegahan korupsi, cara mengatasi korupsi sejak dini, solusi mengatasi korupsi sejak dini, cara penanggulangan korupsi sejak dini