Pemanfaatan Sungai di Pulau Sumatera

By Categories : Wisata

Sungai memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat selain sebagai sumber air, sungai juga menyimpan kekayaan alam yang terkandung didalamnya. Pemanfaatan sungai di pulau Sumatera sangat beragam tergantung potensi sungai itu sendiri.

jembatan ampera di atas sungai musi Pemanfaatan sungai di sumatera terutama sungai batanghari dan sungai musi

Sungai Batanghari
Sungai terpanjang no 4 di Indonesia berada di di sumatera, sungai Batanghari panjangnya kurang lebih 800 kilometer dengan lebar 200-600 meter. Beberapa sungai kecil bermuara di sungai batanghari dan beberapa diantaranya membawa deposit emas yang bisa dimanfaatkan.

Dahulu, sungai batanghari dimanfaatkan sebagai jalur perdagangan yang ramai dari banyak penjuru dunia, ini terbukti dengan ditemukannya tembikar berglasir biru dari Persia, berbagai macam perhiasan emas, gelang, cincin, dan sabuk yang diperkirakan dari berbagai kerajaan di Indonesia dan melayu. Selain itu juga ditemukan arca perunggu berlapis emas yang menjadi bukti kejayaan sungai batang hari dimasa lampau.

Seperti halnya sungai sungai besar lain di Indonesia, sungai batanghari dimanfaatkan untuk transportasi, pengairan, memenuhi kebutuhan air sehari-hari dan perikanan. Saat air surut, warga juga sering menambang pasir di sungai ini. Terkadang mereka juga menemukan benda-benda peninggalan masa lampau.

Sungai Musi
Sungai Musi panjangnya 750 km yang merupakan sungai terpanjang no 5 di Indonesia dan sudah menjadi landmark kota palembang. Sungai ini cukup dalam, banyak kapal-kapal besar dapat masuk kedalam sungai ini untuk melakukan banyak kegiatan. Salah satu pemanfaatan Sungai Musi menjadi pusat wisata air. Keindahan sungai Musi sering disebut sebagai Venezuela dari timur. Jembatan ampera yang melintas di atas sungai musi juga menjadi daya tarik wisata yang dibanggakan palembang. Untuk menarik wisatawan, pemerintah daerah mempercantik pinggiran sungai musi dan juga mengadakan kegiatan pertunjukan di tanggal-tangal tertentu.

Diatas sungai musi terdapat beragam aktifitas ekonomi seperti pasar terapung, restoran terapung, nelayan yang sedang menangkap ikan dan kegiatan pengisian bahan bakar terapung.

terms: manfaat sungai musi, peran sungai musi di pulau sumatra, sungai dipulau sumatera dimanfaatkan untuk, manfaat sungai di kalimanta, manfaat sungai musi bagi masyarakat