Pasukan Elit TNI Paling Mematikan

By Categories : Umum

Negara kita Indonesia bisa dibilang masih sangat jauh tertinggal di bawah dengan negara negara lain dari sisi militer secara keseluruhan. Tapi jika kita membahas mengenai pasukan elit TNI atau pasukan khusus Indonesia tidak kalah bagus dan hebatnya dengan negara lainnya termasuk mereka yang sudah dikenal memiliki kekuatan militer peringkat atas di dunia. Hal ini dikarenakan Tentara Nasional Indonesia (TNI ) memiliki sejumlah pasukan khusus dengan berbagai macam keahlian khusus yang ditakuti oleh dunia.

Pasukan elit TNI yang bernama Kopassus, Kopaska, dan Batalyon Raiders merupakan beberapa pasukan elit yang dimiliki oleh TNI yang sudah sangat dikenal dengan kemampuannya dalam militernya. Bahkan ketiga pasukan tersebut dikenal sangat mematikan. Pasukan khusus biasanya ditugaskan untuk operasi-operasi khusus yang mampu melakukan perang non-konvensional pengintaian, anti-teror, aksi langsung, dan pertahanan suatu negara.

Pasukan Elit TNI Paling Mematikan

Umumnya pasukan khusus terdiri dari kelompok kecil yang sudah terlatih dan dibekali dengan persenjataan khusus. Dapat bekerja secara mandiri dan mampu mambaur dengan mesyarakat tanpa dikenali. Untuk dapat menjadi pasukan khusus, seorang tentara harus melalui proses seleksi yang sangat ketat dan menjalani pelatihan yang cukup lama. Biasanya misi yang dijalankan oleh pasukan khusus berhubungan informasi rahasia.

Jika membahas mengenai pasukan elit TNI paling mematikan, ternyata masih banyak lagi pasukan lainnya yang juga dikenal sangat mematikan yang sangat ditakuti di dunia. Siapa sajakah pasukan tersebut? Diantaranya adalah sebagai berikut.

Inilah Pasukan Elit TNI Paling Mematikan

Tontaipur – Kostrad

Pasukan elit TNI paling mematikan yang pertama adalah Tontaipur atau merupakan pasukan Peleton Intai Tempur yang diresmikan pada 4 Agustus 2001. Pasukan yang berada di bawah komando Kostrad ini, memiliki kemampuan bertempur yang cukup mematikan dalam berbagai kondisi diantaranya pertempuran darat, udara dan laut. Hal ini dikarenakan semua pasukannya telah dilatih langsung oleh pasukan-pasukan elit dan tidak semua prajurit dapat dengan mudah bergabung dalam pasukan ini.

Pasukan khusus ini bertugas untuk misi pengintaian jarak jauh dan melakukan penghancuran wilayah musuh. Pasukan Tontaipur pernah bertugas dalam operasi penumpasan GAM.

Baca juga negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia.

SAT BRAVO-90 – Kopaskhas AU

Pasukan Sat Bravo-90 juga merupakan salah satu pasukan elit yang paling ditakuti oleh dunia. Pasukan elit ini juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam bidang militer nya. Pasukan yang berasal dari Kesatuan TNI AU ini memiliki spesialisasi anti-teror dari udara yang cukup handal. Adapun terbentuknya pasukan ini pada tahun 1990 yang telah memiliki pasukan tempur yang cakap dalam segala bidang. Diantaranya kemampuan tempur jarak dekat, anti teror, pertempuran free fall, scuba diving, pendakian serbu hingga teknik terjun high altitude low opening (HALO) atau high altitude high opening (HAHO). Oleh karena itulah pasukan ini dikenal sebagai pasukan elit TNI paling mematikan.

Pasukan baret jingga ini merupakan bagian inti dari pasukan pemukul reaksi cepat yang bertugas merebut pangkalan musuh dan tempat strategis seperti bandara.

Kopassus – TNI AD

Komando Pasukan Khusus atau Kopassus merupakan Bala Pertahanan Pusat yang dimiliki TNI AD. Seperti namanya, pasukan ini memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, pengintaian, anti teror, dan menembak dengan tepat. Bahkan pasukan khusus yang dimiliki Indonesia menempati urutan ke 3 sebagai pasukan khusus  terkuat di dunia. Hal ini terbukti dari berbagai macam misi yang sudah dijalankan seperti Operasi Trikora, penumpasan DI/TII, operasi pembebasan sandera Woyla, operasi Seroja, dan penumpasan GAM di Aceh. Tidak ada yang mengetahui jumlah pasukan dan persenjataan yang digunakan oleh Kopassus.

Denjaka – Marinir AL

Pasukan elit TNI paling mematikan selanjutnya adalah Detasemen Jala Mangkara atau Denjaka.  Jika boleh diurutkan dengan kedua pasukan yang telah dijelaskan di atas, pasukan Denjaka atau Detasemen Jala Mangakara inilah merupakan pasukan elit TNI yang paling mematikan. Hal ini dikarenakan setiap pasukan akan dilatih dengan ekstrim salah satunya adalah dengan ditenggelamkan di dalam laut dengan posisi kaki dan tangan terikat dan mereka harus dapat meloloskan diri jika ingin selamat. Nah dari latihan yang sangat ekstrim tersebut, sangat wajar sekali jika pasukan tersebut menjadi pasukan elit TNI paling mematikan.

Kopaska – TNI AL

Kopaska memiliki slogan “Tidak ada rintangan yang tak dapat dilalui”. Pasukan yang dimiliki TNI Angkatan Laut ini berdiri pada 31 Maret 1962. Pasukan ini sering ditugaskan dalam operasi atau misi khusus terutama di wilayah perairan Indonesia. Tugas utama Kopaska adalah menyerbu kapal serta pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, serta menyiapkan perebutan pantai untuk pendaratan kekuatan amfibi. Biasanya pasukan khusus ini diterjunkan lebih awal dalam operasi gabungan dengan tujuan membuka jalan bagi pasukan lain.

Baca juga Kapal Perang Tercanggih di Dunia.

terms: pasukan khusus indonesia yang paling rahasia, gambar tni kostrad, pasukan khusus rahasia tni