Pantangan Makanan bagi Penderita Kolesterol

By Categories : Kesehatan

Pada umumnya kolesterol dalam tubuh ada dua macam yaitu kolesterol HDL (kolesterol baik) yang berfungsi untuk melarutkan lemak jahat atau kolesterol LDL dan juga kolesterol LDL (kolesterol jahat). Dimana lemak tersebut dapat menempel pada pembuluh darah. Kadar kolesterol normal dalam tubuh adalah 160 hingga 200 mg. Hal ini dikarenakan jumlah kolesterol yang berlebihan justru akan menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan dapat menurunkan fungsi jantung.

Pantangan Makanan bagi Penderita Kolesterol

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan kolesterol jahat dalam tubuh salah satunya yaitu mengonsumsi makanan berserat, diet, olahraga, menghindari rokok, alkohol serta menghindari makanan kaya kolesterol. Jika Anda belum mengetahui makanan apa saja, berikut adalah pantangan makanan bagi penderita kolesterol.

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi

Kuning telur

Pantangan makanan bagi penderita kolesterol yang pertama adalah kuning telur. Meskipun telur kaya akan protein yang baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi mengonsumsi telur setiap hari juga tidak baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kuning telur memilki kandungan kolesterol yang sangat tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya. Dalam 10 gram kuning telur mengandung kolesterol 2000 mg. Oleh karena itu jika Anda sudah mengonsumsi kuning telur pada pagi hari, sebaiknya siang dan malam hari Anda menghindari makanan yang kaya kolesterol lainnya.

Cumi-cumi

Yang kedua adalah cumi-cumi. Hampir setiap orang menyukai makanan laut yang satu ini. Meskipun memiliki rasa yang enak, bagi seseorang yang memiliki kolesterol tinggi sebaiknya menghindari makanan ini. Dalam 10 gram cumi-cumi mengandung 1170 mg kolesterol. Selain cumi-cumi Anda juga harus menghindari makanan laut lainnya seperti udang, kerang, kepiting, dan siput. Dalam 10 gram makanan laut tersebut mengandung rata-rata 160 mg kolesterol.

Otak sapi atau babi

Pantangan makanan bagi penderita kolesterol selanjutnya adalah otak sapi dan babi. Bagi pecinta makanan tersebut jika ada kesempatan, pasti mereka akan mengonsumsinya. Akan tetapi seseorang dengan kolesterol tinggi sangat tidak dibolehkan untuk mengonsumi otak sapi dan babi. Dalam 10 gram otak babi dan otak sapi mengandung kolesterol hingga 3100 dan 2300 mg. Tentunya jumlah tersebut lebih dari ratusan persen dengan jumlah kolesterol yang dibutuhkan setiap harinya.

Jeroan

Selanjutnya adalah jeroan. Jeroan merupakan bagian tubuh hewan yang sering dikonsumsi setiap manusia. Jeroan tersebut biasanya adalah hati, jantung, usus, hati dan masih banyak lagi. Jeroan termasuk kategori berbahaya yang harus dihindari penderita kolesterol tinggi. Dalam 10 gram jeroan kambing mengandung kolesterol 610 mg, untuk 10 gram jeroan babi mengandung 420 mg sedangkan untuk 10 gram jeroan sapi mengandung 380 mg.

Nah itulah beberapa pantangan makanan bagi penderita kolesterol. Selain makanan tersebut Anda juga harus menghindari makanan kolesterol tinggi lainnya, seperti telur burung puyuh, susu sapi cream, gajih, mentega serta daging sapi berlemak. Baca juga artikel mengenai Makanan yang dapat menurunkan kolesterol.

loading...