Pantangan Makanan Bagi Penderita Darah Tinggi

By Categories : Kesehatan

Darah tinggi atau yang sering disebut dengan hipertensi adalah salah satu penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani. Hal ini dikarenakan tekanan darah tinggi juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Oleh karena itu, selain mengonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darahnya, penderita darah tinggi juga harus menerapkan pola hidup sehat untuk menunjang kesehatannya. Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita darah tinggi, mereka juga harus menghindari makanan yang dapat menyebabkan penyakit tersebut semakin tambah parah. Nah, berikut adalah pantangan makanan bagi penderita darah tinggi.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Darah Tinggi

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi

Makanan yang Mengandung Sodium Tinggi

Pantangan makanan bagi penderita darah tinggi yang pertama adalah makanan yang mengandung sodium yang tinggi. Sodium yang Anda konsumsi secara berlebihan dapat menahan cairan yang ada di dalam tubuh, sehingga ini akan membuat organ jantung bekerja keras untuk memompa darah, jika hal ini diabaikan maka akan terjadi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Oleh karena itu, mulailah untuk menghindari makanan yang memiliki kandungan garam atau sodium yang tinggi. Karena ini dapat memperburuk kesehatan Anda.

Kopi

Siapa yang tidak menyukai kopi? Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari oleh setiap orang. Meskipun memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, mengonsumsi kopi juga dapat menyebabkan tekanan darah semakin naik. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan cepat. Jika Anda menderita hipertensi, menjauhi kopi adalah salah satu hal yang dapat mempercepat proses penyembuhan Anda.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau junk food adalah makanan andalan bagi anak kos. Selain harganya yang murah, makanan cepat saji juga memiliki rasa yang enak. Namun dibalik rasanya yang enak, makanan cepat saji juga menyimpan efek samping saat kita mengonsumsinya secara berlebihan. Salah satunya yaitu tekanan darah tinggi. Kandungan lemak jenuh pada makanan cepat saji dapat menumpuk pada dinding pembuluh darah. Sehingga hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan pada akhirnya dapat memicu tekanan darah tinggi.

Makanan Olahan atau Kalengan

Pantangan makanan bagi penderita darah tinggi yangterakhir adalah menghindari makanan olahan. Mengonsumsi sayuran, ikan dan juga buah-buahan merupakan hal yang dapat membuat tubuh menjadi sehat. Namun jika makanan tersebut sudah diolah di dalam kemasan atau kalengan, makanan tersebut sudah tidak dapat dikatakan sebagai makanan sehat lagi. Mengapa demikian? Karena makanan olahan ataupun makanan kalengan memiliki pengawet yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari makanan tersebut. Karena makanan yang mengandung pengawet memiliki tingkat sodium tinggi yang dapat menaikkan tekanan darah Anda.

Nah itulah itulah beberapa pantangan makanan bagi penderita darah tinggi. Mungkin salah satu makanan tersebut adalah makanan favorit Anda, namun Anda harus menghindarinya untuk mempercepat proses penyembuhan. Baca juga artike terkait Ciri-ciri tekanan darah tinggi.