Pantai Banyu Tibo, Pantai Unik Dengan Air Terjun di Pacitan

By Categories : Wisata

Pacitan merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Meskipun tidak sepopuler kota lainnya, seperti Malang dan Surabaya akan tetapi Pacitan juga memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik yang wajib dikunjungi ketika Anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Salah satu tempat wisata di Pacitan yang paling populer dan menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Banyu Tibo.

Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan ini memiliki pemadangan alam yang berbeda jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Salah satu ciri khas dan hal menarik yang ada di pantai ini adalah adanyaair terjun yang mengalir langsung ke pantai.

Pantai Banyu Tibo

Air terjun yang terdapat di Pantai ini sendiri berasal dari sebuah anak sungai yang bermuara tepat di bibir pantainya. Sungai tersebut terletak di atas pantai. Maka jangan heran jika air tersebut hanya memiliki ketinggian sekitar 2 meter saja.

Pesona wisata Pantai Banyu Tibo di Pacitan

Jika berbicara tentang pantai biasanya memiliki landscape yang sangat luas dengan bentang pasir yang indah. Akan tetapi sebenarnya area pantai ini tidak terlalu luas. Bahkan jika air laut sedang pasang para pengunjung hanya bisa menimati pemandangan pantai dari atas tebing. Akan tetapi jika laut sedang surut, Anda bisa bermain di area pantai yang lengkap dengan air terjun yang ada di sana.

Bermain di air terjun yang ada di sana tentu saja pengalaman menarik yang tak bisa Anda lupakan. Apalagi jika volume air di air terjun tersebut cukup tinggi, tentu saja dapat membuat liburan Anda semakin menyenangkan dan mengasyikkan.

Namun tak hanya itu saja pesona keindahan dari Pantai Banyu Tibo. Salah satu pantai terindah di Jawa Timur ini juga memiliki pasir putih yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu pantai ini juga memiliki batu karang dan bukit-bukit yang dapat menambah pemandangan alam yang ada di sana menjadi semakin indah dan mempesona.

Akses menuju ke Pantai Banyu Tibo

Untuk bisa sampai ke pantai tidaklah sulit. Rute yang paling mudah ditempuh untuk bisa sampai ke pantai ini adalah melalui jalur ke Goa Gong. Yaitu dari jalan utama Pacitan – Solo, tepatnya di pertigaan dekat masjid besar Punung. Dari pertigaan  ini jika arah Pacitan belok ke kiri. Kemudian setelah bertemu dengan pertigaan lagi ambil kanan lalu lurus terus.

Setelah Anda sampai di komplek Goa Gong, lihat papan petunjuk dan ambil jurusan Kalak dan ikuti petunjuk selanjutnya. Jika dari Solo, pantai ini berjarak sekitar 110 km. Karena pantai ini tidak dilewati kendaraan umum maka sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.