Oleh-oleh Khas Surabaya Paling Terkenal

By Categories : Wisata

Surabaya merupakan ibu kota Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi. Saat mengunjungi Surabaya, tentu saja hal yang wajib dilakukan di sana adalah mengunjungi tempat wisata di Surabaya, mencicipi wisata kuliner khas Surabaya serta membawa oleh-oleh khas Surabaya yang paling terkenal. Tentu saja, hal tersebut merupakan kepuasan tersendiri bagi pengunjung. Karena seseorang yang berada di luar kota Surabaya tentunya tidak dapat sesering mungkin mengunjungi kota ini. Nah untuk referensi, berikut adalah oleh-oleh khas Surabaya paling terkenal untuk di bawa pulang.

Oleh-oleh Khas Surabaya

Daftar oleh-oleh khas Surabaya

Sambal udang Bu Rudy

Bagi Anda pecinta pedas, jangan sampai tidak membeli oleh-oleh yang satu ini. Sambal udang Bu Rudy merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang banyak dicari wisatawan. Mereka biasanya membeli sambal ini dalam jumlah yang banyak sekaligus. Hal ini dikarenakan sambali ini memliki cita rasa khas yang tidak dapat ditemui pada sambal lainnya. Jika Anda tertarik, Anda dapat berkunjung di Jalan Dharmahusada 140, Surabaya. Di sini Anda dapat memilih dan membeli  berbagai macam sambal, sepeti sambal bajak, sambal bawang dan tentunya sambal udang.

Almond crispy

Oleh-oleh yang kedua adalah almond crispy. Meskipun terbuat dari bahan yang sederhana, seperti tepung, telur, gula, susu bubuk, keju dan juga kacang almond, namun Anda jangan meragukan rasa dari makanan ini. Salah satu rekomendasi untuk membeli oleh-oleh yang satu ini adalah di Wisata Rasa, yang terletak di Jalan Raya Jemursari No. 164. Makanan ini sangat cocok dinikmati dengan kopi atau teh saat bersantai di sore hari.

Kerupuk ikan kenjeran

Oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya adalah kerupuk ikan kenjeran. Hasil laut yang melimpah di Pantai Kenjeran, Surabaya, membuat  para warga sekitarnya berfikir kreatif membuat berbagai macam olahan yang berbahan seafood, salah satunya yaitu kerupuk ikan kenjeran. Di sini, Anda dapat membeli kerupuk  baik dalam keadaan mentah ataupun siap makan. Warna dari setiap kerupuk pun dapat menandakan dari bahan apa ia dibuat. Contohnya, kerupuk yang berwarna hitam memiliki bahan dasar cumi, cokelat untuk kerupuk kerang dan hijau untuk keurpuk rumput laut.

Siropen telasih

 Selain makanan, Surabaya juga memiliki minuman khas yang menyegarkan yaitu Siropen Telasih. Pada awalnya, perusahaan minuman ini didirikan oleh Belanda pada tahun 1923 yang lalu. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan milik Belanda ini akhirnya jatuh ke Indonesia. Minuman ini diproduksi tanpa menggunakan pemanis buatan, sehingga hal itulah yang menyebabkan minuman ini sangat terkenal memiliki rasa yang khas dan nikmat. Bebereapa varian rasa pada minuman ini adalah, cocopandan, vanili, jeruk keprok, mawar dan juga frambozen.

Makanan khas Surabaya paling populer

Selain membawa oleh-oleh khas Surabaya, Anda juga perlu mencicipi kuliner khas dari Kota Pahlawan tersebut. Ada berbagai macam kuliner yang bisa Anda coba, makanan tersebut memiliki citarasa yang khas dan cukup populer di Surabaya. Berikut makanan khas Surabata paling populer yang bisa Anda coba.

Tahu campur

Jika datang ke Surabaya, Anda mencoba tahu campur. Makanan ini berisisi tahu goreng, perkedel, singkong, selada air, taoge, mie kuning, kuah sop dan kerupuk udang. Biasanya makanan khas Surabaya ini disajikan dengan lontong dan lentho, yaitu gorengan yang terbuat dari kacang hijau, kikil, urat, atau tahu kuning. Makanan tersebut sangat nikmat karena ditambah dengan bumbu petis. Anda akan dengan mudah mendapatkan makanan ini warung kaki lima, restoran, ataupun gerobak dorong. Harganyapun cukup murah hanya sekitar 8-10 ribu rupiah.

Lontong balap

Warga Jawa Timur pasti sudah tidak asing lagi dengan lontong balap. Makanan khas Surabaya ini bahkan dijadikan sebagai ikon Kota Pahlawan. Lontong balap Surabaya berbeda dengan menu lontong dar daerah lain karena di Surabaya makanan ini sangat lengkap isinya seperti lentho, tahu goreng, dan tauge. Selain itu, lontong balap biasanya disajikan dengan sate kerang sehingga memiliki rasa yang lebih gurih. Harganya juga cukup murah yaitu sekitar 8 ribu rupiah.

Rujak cingur

Menu kuliner Surabaya yang wajib Anda coba adalah rujak cingur. Bahan–bahan yang digunakan untuk makanan khas ini adalah sayur dan buah-buahan. Diantaranya adalah nanas, mangga, kedondong, tempe, kangkung, dan lontong. Dan yang membuat menarik adalah rujak tersebut diberi cingur atau hidung kerbau. Bumbu yang digunakan adalah petis, gula merah, cabai serta udang dan kacang merah. Untuk satu porsi rujak cingur biasanya dihargai 10 ribu rupiah.

Sate klopo ondomohen

Sate klopo merupakan salah satu menu andalan di kota Surabaya. Sate ini dilumuri bumbu kelapa atau dalam bahasa Jawa disebut dengan klopo. Selain itu sate klopo ini juga disajikan dengan menggunakan lontong dan bumbu kacang serta ditambah serundeng sehingga memiliki rasa yang gurih.

Nah itulah beberapa oleh-oleh khas Surabaya dan makanan khasnya yang paling terkenal. Baca juga artikel mengenai Objek wisata Surabaya paling terkenal.

loading...
terms: oleh oleh khas surabaya di bandung, oleh oleh khas surabaya selain makanan, oleh oleh terkenal surabaya