Oleh-oleh Khas Solo Paling Populer

By Categories : Makanan

Selain terkenal sebagai kota budaya dan juga tempat wisata, Solo juga memiliki oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan bagi para pengunjung. Setelah Anda puas berkeliling kota Solo dan ingin kembali ke kota asal, tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas Solo dan juga membawa pulang beberapa oleh-oleh khas Solo baik untuk cemilan di perjalanan ataupun untuk dibagikan kepada sanak saudara. Nah bagi Anda yang bingung apa saja oleh-oleh yang ingin dibeli, berikut adalah oleh-oleh khas Solo paling populer.

oleh-oleh khas solo

Inilah oleh-oleh khas Kota Solo paling terkenal

Abon Mesran Solo

Yang pertama adalah abon mesran Solo. Oleh-oleh ini merupakan makanan yang terbuat dari olahan daging sapi ataupun daging ayam. Abon mesran Solo sangat nikmat jika disantap dengan menggunakan nasi putih hangat. Oleh karena itu tidak ada salahnya membeli oleh-oleh yang satu ini. di kota Solo sendiri abon mesran paling enak dan terkenal adalah abon mesran yang berlokasi di Kalilarangan. Harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp 30.000 untuk setiap kemasannya.

Intip Solo

Pada zaman dahulu intip merupakan makanan yang terbuat dari kerak nasi yang dijemur hingga kering dan kemudian digoreng. Makanan ini pun sering kali dicari oleh para wisatawan ataupun para penduduk lokal. Rasanya yang renyah, gurih dan manis membuat intip Solo disukai oleh banyak orang. Di daerah lain, intip juga bisa ditemukan denan mudah.

Ampyang

Oleh-oleh khas Solo selanjutnya adalah ampyang. Sama seperti intip Solo, ampyang juga memiliki rasa yang manis dan legit. Hal ini dikarenakan ampyang  memiliki bahan dasar kacang tanah yang dicampur dengan gula jawa yang dilelehkan yang kemudian dicetak. Harga dari ampyang pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 4.000 hingga 15.000 tergantung dari ukurannya. Selain berkunjung ke pusat oleh-oleh di Solo, Anda pun bisa membeli ampyang di Pasar Gedhe, Solo.

Roti Kecik Ganep

Makanan yang terbuat dari tepun ketan ini memiliki rasa yang enak serta tahan lama meskipun tidak menggunakan pengawet buatan. Roti kecik ganep merupakan roti kering yang memiliki ukuran kecil dan lonjong sebesar jari anak kecil, maka jangan heran jika banyak orang yang memberikan sebutan roti ini sebagai roti pentung. Roti kecik ganep pun dapat dikonsumsi oleh semua orang tak terkecuali dengan seseorang yang sedang berdiet. Ini karena roti kecik ganep memiliki kandungan kolesterol yang rendah.

Rengginang Solo

Meskipun rengginang bisa didapatkan dengan mudah di kota lain, akan tetapi rengginang Solo merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sangat populer di Solo. Oleh karena itu banyak sekali pengunjung yang mencari rengginang sebagai oleh-oleh. Camilan yang satu ini sangat cocok disantap ketika sedang bersantai bersama dengan keluarga.

Nah itulah beberapa oleh-oleh khas Solo paling populer. Baca juga artikel lainnya tempat wisata kuliner di Solo yang sering dikunjungi.

Loading...
terms: oleh oleh khas solo, oleh oleh khas solo jawa tengah, oleh oleh khas solo yang tahan lama, oleh2 khas solo, makanan ringan khas solo, oleh2 khas solo yang tahan lama, oleh2 khas solo jawa tengah, oleh oleh khas solo yg awet tahan lama, apa oleh dari solo, oleh oleh khas solo jawa tengah tahan lama, makanan ringan khas solo jawa tengah, oleh2 solo