Oleh-oleh Khas Jogja Paling Favorit dan Terkenal

By Categories : Makanan

Oleh-oleh khas Jogja merupakan sesuatu yang lazim dibawa oleh mereka yang baru saja berlibur ke kota pelajar tersebut. Tak hanya memiliki tempat wisata yang terkenal hingga luar negeri saja, Yogyakarta juga memiliki makanan khas serta oleh-oleh khas sana yang wajib Anda coba. Salah satu oleh-oleh yang terkenal di Jogja adalah kaos Dagadu dan juga kain batik. Namun tak hanya itu saja, berikut adalah oleh-oleh khas Jogja paling favorit dan terkenal.

Oleh-oleh Khas Jogja

Rekomendasi oleh-oleh khas Jogja

Bakpia Pathok

Belum lengkap kalau pergi ke Jogja belum mencicipi makanan khas Jogja yang satu ini. Jajanan yang berisi cokelat, keju dan kacang ini memang sudah tak asing lagi bagi para wisatan Jogja. Harganya yang terjangkau serta rasanya yang nikmat membuat bakpia pathok menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib di bawa pulang oleh para wisatawan. Untuk menemukan makanan ini pun sangat mudah, karena bakpia banyak dijual di sentra oleh-oleh yang ada di Yogyakarta.

Gudeg kering

Sama seperti bakpia, gudeg juga merupakan makanan khas Yogyakarta paling populer. Gudeg adalah makanan asli Jogja yang terbuat dari nangka muda yang kemudan di masak dengan santan. Sedangkan gudeg kering sendiri adalah jenis gudeg yang dimasak terlebih dahulu hingga kuahnya mengering dan warnanya pun lebih kecoklatan. Jenis gudeg ini mampu bertahan hingga 3 hari lamanya. Sehingga ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Geplak

Oleh-oleh khas Jogja selanjutnya adalah geplak. Geplak merupakan cemilan khas dari kota Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir ataupun gula merah. Saat ini geplak sudah memiliki berbagai macam varian warna dan rasa agar lebih menarik.

Yangko

Pada umumnya, yangko hampir sama seperti kue moci. Akan tetapi yangko memiliki ukuran yang lebih kecil. Jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki isian kacang yang sama seperti kue moci. Salah satu rekomendasi untuk makanan ini adalah yangko Pak Prapto, yang terletak di jalan Pramuka No. 82, Yogyakarta.

Cokelat Monggo

Berikutnya adalah cokelat monggo, cokelat monggo merupakan cokelat yang diolah dari biji cokelat pilihan yang di dapat dari Sulawesi, Jawa dan Sumatera. Pemilik perusahaan cokelat ini merupakan seorang pria yang berkebangsaan Belgia, maka jangan heran jika cokelat monggo memiliki rasa yang hampir sama dengan cokelat Belgia. Untuk menemukannya pun sangat mudah, yaitu di Jalan Dalem KG III/978 Kotagede, Yogyakarta. Selain dapat membeli cokelat, di sana Anda juga dapat melihat langsung proses pembuatan cokelat tersebut.

Salak Pondoh

Keberadaan Gunung Merapi ternyata mempu memberikan berkah bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Kondisi tanah di sekitar Gunung Merapi sangat subur dan cocok untuk menanam salak pondoh. Salak pondoh memiliki ciri khas, yakni dagingnya yang kering dan memiliki rasa manis segar. Anda dapat memiliki salak pondoh untuk oleh-oleh khas dari Yogyakarta. Terdapat argowisata salak pondoh yang bisa Anda kunjungi, argowitawa tersebut berada di Kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman. Namun jika Anda tidak sempat untuk berkunjung ke argowisata tersebut, Anda dapat membelinya di kios-kios buah yang berada di sepanjang jalan kota.

Batik

Oleh-oleh khas Yogyakarta ini memang sangat populer. Hampir semua orang yang berkunjung ke Yogyakarta selalu membelinya. Awalnya batik merupakan sebuah kain yang digunakan untuk membuat pakaian. Namun seiring berkembangnya dunia fashion, saat ini batik dapat ditemui dalam berbagai macam bentuk seperti sandal, sepatu, tas, syal, dan barang-barang lainnya. Tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh khas Yogyakarta ini adalah Malioboro serta Pasar Beringharjo. Di sini Anda dapat membeli berbagai macam jenis dan bentuk batik.

Kerajinan Perak

Kerajinan perak merupakan satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang wajib Anda beli. Untuk mendapatkannya Anda dapat berkunjung ke Kotagede yang berjarak sekitar 5 km dari pusat Kota Yogyakarta. Tempat ini merupakan sentral penghasil kerajinan perak sejak zaman Kerajaan Mataram. Di sini Anda dapat melihat proses pembuatan kerajinan berbahan perak secara langsung. Terdapat berbagai macam bentuk yang bisa Anda pilih atau pesan. Mulai dari perhiasan hingga hiasan dinding. Untuk kualitas tidak perlu diragukan lagi karena kerajinan perak disini merupakan produk yang sering dikirim ke luar negeri.

Gerabah Kosongan

Oleh-oleh yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Ini merupakan kerajinan dari tanah liat yang paling diburu di Yogyakarta. Untuk mendapatkannya Anda dapat menuju ke Desa Kasongan. Kerajinan gerabah di desa ini memiliki kualitas yang sudah tidak dapat diragukan lagi. Anda dapat menemukan kerajinan gerabah dalam berbagai bentuk seperti vas bunga, lampu hias, hingga asbak.

Nah itulah beberapa oleh-oleh khas Jogja paling favorit dan terkenal. Baca juga artikel tentang Oleh-oleh khas Surabaya paling terkenal.

Loading...
terms: artikel oleh oleh kas yogyalarta