Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Enak dan Terkenal

By Categories : Makanan

Bandung merupakan Ibukota dari Jawa Barat yang tidak pernah sepi dari para wisatawan. Hal ini dikarenakan selain memiliki udara yang sangat sejuk, Bandung juga kaya akan wisata alam, wisata belanja hingga wisata kuliner. Setelah capek menjelajahi semua tempat wisata di Bandung yang paling menarik, tak ada salahnya juga untuk mencicipi makanan khas Bandung. Namun tak hanya itu saja, ketika akan kembali ke kota asal Anda juga harus membeli berbagai macam oleh-oleh khas Bandung yang paling terkenal. Bagi Anda yang bingung oleh-oleh apa saja yang cocok di bawa pulang, simak ulasannya berikut ini.

Pisang Bollen Kartika Sari

Rekomendasi oleh-oleh khas Kota Bandung paling enak

Peuyeum

Peuyeum atau yang biasa disebut dengan tape ini memang salah satu oleh-oleh khas kota Bandung yang sering dicari wisatawan.Tak sulit menemukan makanan yang satu ini, peuyeum banyak di jual di toko pusat oleh-oleh yang ada di sana. Peuyeum sendiri merupakan makanan olahan yang terbuat dari singkong.  Jika tak sempat pergi ke Bandung, Anda juga bisa membuatnya sendiri yaitu rebus singkong yang sudah dibersihkan kemudian taburi ragi dan simpan di tempat tertutup. Diamkan selama 2 hingga 3 hari, lalu Anda bisa menikmatinya.

Pisang Bollen Kartika Sari

Tak lengkap rasanya jika pergi ke Bandung belum membeli makanan yang satu ini. Oleh-oleh ini  sudah populer sejak tahun 1970an hingga sekarang. Untuk bisa membeli pisang bollen ini, Anda bisa mengunjungi toko yang terletak di Jalan H. Akbar No.4, Kbon Kawung. Di sana Anda bisa memilih berbagai macam rasa pisang bollen, mulai dari keju, cokelar hingga durian. Tak hanya pisang bollen saja, di toko tersebut juga menjual berbagai macam kue-kue yang lezat.

Gepuk Nyonya Ong

Oleh-oleh khas Bandung berikutnya adalah Gepuk Nyonya Ong. Hingga saat ini, toko yang terletak di Jalan Dr. Djunjunan 155 E ini tidak sepi dari pengunjung. Gepuk sendiri merupakan makanan yang berasal dari olahan daging sapi atau yang biasa disebut dengan empal. Tak hanya daging sapi, di sini  juga menyediakan berbagai macam olahan daging ayam. Gepuk sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat.

Brownies Kukus Amanda Bandung

Salah satu oleh-oleh khas Bandung yang menjadi incaran para wisatawan adalah Brownies Kukus Amanda. Brownies ini sangat unik karena pengolahannya dengan cara di kukus. Rasanya sangat legit dengan tekstur yang lembut dan memiliki rasa yang mahal sehingga banyak para wisatawan menjadikan brownies ini sebagai oleh-oleh. Saat ini brownies kukus dapat di temukan di berbagai kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa barat, hingga Kalimantan dan Sulawesi. Ada banyk varian rasa yang dapat Anda pilih, seperti blueberry, choco marble, banana bizz, tiramisu, dan lain-lain.

Surabi Bandung

Ini merupakan salah satu jajanan yang paling terkenal di kota Bandung. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Bandung menjadikan surabi ini sebagai oleh-oleh. Makanan ini bisa dibilang sebagai makanan kampung, namun begitu rasa yang dihasilkan mampu membuatnya menjadi makanan yang berkelas. Hal ini karena saat ini banyak sekali varian rasa yang diciptakan dengan sajian lezat yang mengikuti perkembangan zaman. Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh khas Bandung ini adalah Surabi Enhaii yang berada di Jalan Setiabudi. Di tempat ini Anda dapat memilih beberapa varian rasa antara lain durian keju, oncom, kismis, dan ayam telur.

Oncom Raos

salah satu makan khas Bandung yang tidak boleh dilewatkan adalah oncom. Makanan ini merupakan olahan kacang yang difermentasi. Bahan baku ini kemudian dapat Anda gunakan untuk membuat makanan lezat. Oncom raos merupakan salah satu tempat yang menyediakan olahan oncom. Lokasinya berada di Jalan Cihampelas 91 B dan berada di dekat pusat perbelanjaan Cihampelas Walk. Oncom Raos sudah berdiri lebih dari 40 tahun.

Aneka kerajinan tangan Lembang

Selain memiliki wisata alam yang sangat indah, Lembang juga memiliki berbagai macam kerajinan tangan yang unik dan menarik  untuk dijadikan oleh-oleh. Beberapa kerajinan tangan khas Lembang yang dapat Anda beli, adalah kerajinan dari bambu, tas anyaman dan keramik. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi pusat kerajinan tangan di Jalan Raya Lembang.

Sepatu dan tas khas Cibaduyut

Bagi Anda yang sangat menyukai fashion, tak ada salahnya untuk mengunjungi kawasan Cibaduyut. Di sana Anda akan menemukan deretan toko yang menjual berbagai macam barang khas dalam negeri. Produk andalan di Cibaduyut adalah tas dan sepatu kulit. Meskipun buatan anak negeri, namun kualitas dari tas dan sepatu tersebut juga tidak kalah dengan produk luar negeri.

Nah itulah beberapa oleh-oleh khas Bandung paling enak dan menarik.

Baca juga wisata kuliner tempat makan enak di Bandung.