Olahraga yang Cocok Bagi Penderita Asma

By Categories : Kesehatan

Asma merupakan penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan manusia. Bagi orang yang memiliki riwayat asma dapat kambuh sewaktu-waktu terutama ketika dirinya kelelahan. Oleh sebab itu para penderita asma takut untuk melakukan olahraga yang membutuhkan tenaga lebih dalam prosesnya. Padahal sebenarnya meskipun mengidap dan memiliki riwayat asma, olahraga tetap diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Olahraga yang Cocok Bagi Penderita Asma

Fakta lain yang didukung berdasarkan penelitian medis, dengan berolahraga selain untuk kebugaran tubuh tetapi juga membantu dan meningkatkan sistem kardiovaskular agar bekerja lebih maksimal. Untuk itu tidak ada alasan bahwa penderita asma tidak melakukan olahraga, justru sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Pertanyaannya lalu olahraga apakah yang cocok bagi penderita asma? Ketahui jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Berikut Olahraga yang Cocok Bagi Penderita Asma

Jalan Kaki

Olahraga yang cocok untuk penderita asma yang pertama adalah dengan jalan kaki. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka (orang dewasa) jalan kaki sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 12 minggu berturut-turut mampu mengontrol penyakit asma serta penyakit asma tersebut tidak kambuh pada saat melakukan olahraga. Untuk alur jalan kaki sebaiknya dilakukan pemanasan terlebih dahulu, kemudian jalan kaki, serta melakukan pendinginan selama kurang lebih 5 menit. Proses pemanasan sangat membantu agar tubuh tidak kaget dengan olahraga yang dilakukan.

Yoga

Olahraga yang cocok bagi penderita asma berikutnya bagi penderita asma adalah yoga. Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang memerlukan fokus pada gerakan sekaligus pada pernapasan. Manfaat yoga untuk kesehatan sangat bagus untuk kesehatan organ paru-paru serta meningkatkan kinerjanya agar lebih maksimal. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan melakukan yoga selama 2,5 jam dalam satu minggu selama 10 minggu akan mendapatkan manfaat alami dengan mengurangi konsumsi obat.

Bermain Golf

Olahraga yang ketiga adalah dengan bermain golf. Bermain golf merupakan jenis olahraga menyenangkan dan sering disebut sebagai olahraga favorit para pejabat atau mereka yang memiliki dana lebih. Olahraga ini mampu mengasah ketangkasan dan pikiran, sehingga memiliki manfaat positif bagi penderita asma.

Renang

Selanjutnya adalah berenang. Olahraga ini juga cocok untuk mereka penderita penyakit asma. Renang merupakan olahraga yang prosesnya juga memerlukan olah pernapasan. Hal inilah yang menjadi salah satu keuntungan dan manfaat yang bisa diambil bagi penderita asma. Selain itu gerakan-gerakan renang juga bermanfaat untuk pertumbuhan pada anak.

Voli

Olahraga yang cocok bagi penderita asma yang terakhir adalah bermain bola voli. Olahraga voli membutuhkan kerjasama tim dan kekompakan agar mampu mengalahkan lawan. Voli biasa dilakukan di lapangan dengan tanah liat (outdoor), maupun pada lapangan indoor. Untuk penderita asma sebaiknya saat melakukan olahraga ini dilakukan di lapangan indoor untuk mencegah debu masuk ke dalam tubuh.

Nah demikianlah tadi beberapa olahraga yang cocok bagi penderita asma. Untuk penderita asma sebaiknya menghindari suasana berdebu, dan sebaiknya menggunakan masker ketika sedang berada disuasana berdebu seperti pada jalanan.

Loading...
terms: manfaat lari pagi bagi penderita, lari pagi baik untuk penderita asma, manfaat lari bagi penderita asma, manfaat lari pagi baik untuk penderita asma, tips agar penderita asma dapat lari