Olahraga Tepat Bagi Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Kehamilan merupakan hal yang paling diharapkan bagi pasangan yang sudah menikah. Saat kehamilan tiba, seorang ibu pastinya ingin memiliki kondisi badan dan janin yang sehat. Untuk mendapatkan hal tersebut seorang ibu hamil harus berolahraga. Namun saat hamil tidak semua olahraga cocok untuk Anda lakukan. Maka dari itu, saat berolahraga ibu hamil harus berhati-hati-hati agar kehamilan tetap terjaga. Baca juga makanan penambah darah bagi ibu hamil.

olahraga-saat-hamil-baik-untuk-perkembangan-otak-janin

Bagi ibu hamil, olahraga memiliki banyak manfaat yaitu memperbaiki mood saat hamil. Ini karena saat hamil, seorang perempuan memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi sakit pinggang dan pegal-pegal pada ibu hamil. Lalu olahraga apa saja yang tepat bagi ibu hamil? Simak penjelasannya di bawah ini!

Berenang

Olahraga tepat bagi ibu hamil yang pertama adalah berenang. Menurut pakar kesehatan, berenang adalah salah olahraga yang paling direkomendasikan bagi ibu hamil. Berenang memberikan manfaat seperti, memperkuat otot kaki dan tangan, meringankan kerja jantung dan juga menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang memiliki berat badan yang berlebih. Gaya yang tepat bagi ibu hamil adalah terlentang. Gaya renang yang seperti ini akan mengurangi resiko terganggunya aliran darah dan ini akan membuat ibu hamil menjadi rileks.

Jalan kaki

Bagi Anda yang tidak ingin beresiko  saat berolahraga, berjalan kaki adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Karena jalan kaki tidak akan membuat kandungan Anda terguncang. Meskipun ringan, berjalan kaki juga sangat baik dilakukan bagi ibu hamil. Sebaiknya, lakukan olahraga ini saat pagi hari di mana udara masih segar. Sinar matahari yang mengandung vitamin D juga bermanfaat bagi pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan Anda.

Yoga

Olahraga selanjutnya yang tepat bagi ibu hamil adalah yoga. Melakukan yoga secara rutin akan menjaga fleksibilitas otot Anda. Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk mempersiapkan diri Anda melalui persalinan  dengan nyaman. Meskipun Anda sudah melakukan yoga secara rutin, Anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang lain seperti jalan kaki. Jalan kali sangat bermanfaat untuk melatih jantung.

Itulah beberapa olahraga tepat bagi ibu hamil. Selain berolahraga, Anda juga harus memperhatikan makanan yang tepat bagi kehamilan Anda, agar si kecil lahir dan tumbuh dengan sehat. Semoga bermanfaat :)