Obat Tradisional Rematik yang Ampuh

By Categories : Kesehatan

Rematik merupakan salah satu penyakit yang menyerang persendian serta anggota gerak tubuh seperti sendi, otot, tulang belakang yang menimbulkan nyeri dan kaku. Meskipun tergolong tidak terlalu berbahaya, namun rematik juga dapat menimbulkan permasalahan serius pada penderitanya seperti rasa nyeri yang menyerang pada persendian.

Obat Tradisional Rematik yang Ampuh

Jika tidak cepat diobati rematik dapat menimbulkan bahaya seperi cacat akibat dari kerusakan pada sendi. Terdapat berbagai faktor penyebab dari penyakit ini seperti gangguan pada sistem imun. Gangguan pada autoimun dapat disebabkan ketika sistem kekebalan tubuh sedang lemah sehingga virus, bakteri, atau jamur menyerang sel dan jaringan tubuh. Selain itu rematik juga disebut dengan rheumatism, reumatik dimana terjadi kerusakan pada sendi akibat dari proses perbaikan yang tidak lancar secara terus menerus. Nah untuk mengatasi hal tersebut terdapat beberapa obat tradisional rematik. Lalu apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Obat Tradisional Rematik yang Ampuh

Sebelum mengetahui apa saja obat tradisional untuk rematik, ada baiknya jika mengetahui gejala-gejalanya terlebih dahulu. Terasa kaku pada bagian tangan, nyeri dan bengkak pada sendi pergelangan tangan, sakit rematik biasanya kambuh pada saat mendung, hujan, atau mengonsumsi makanan larangan seperti santan, kelapa, ataupun kangkung. Untuk obat tradisional mengatasi rematik sebagai berikut :

Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang cukup efektif dalam dijadikan sebagai obat herbal untuk rematik. Jahe menjadi salah satu bahan tradisional yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri pada persendian. Ini dikarenakan jahe mengandung fitonutrien yang berguna untuk kebugaran pada tubuh. Selain itu jahe juga bersifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada sendi. Jahe dapat digunakan dengan diolah menjadi minuman hangat.

Minyak Zaitun

Selain baik untuk kesehatan rambut, minyak zaitun juga berperan sebagai obat tradisional rematik. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Di samping itu minyak yang terkenal akan manfaatnya juga mengandung senyawa oleocanthal yang berguna dalam membantu peradangan sendi yang berhubungan dengan arthritis.

Buah Nanas

Obat tradisional rematik berikutnya adalah buah nanas. Buah nanas sangat mudah untuk ditemukan di pasaran terutama ketika musim panas. Nanas mengandung kandungan yang disebut bromelain. Enzim tersebut dapat berubah menjadi protein. Oleh karenanya buah nanas sangat cocok untuk menurunkan peradangan serta mengurangi rasa nyendi pada bagian tubuh.

Kombinasi Cengkeh dan Jahe

Yang keempat adalah kombinasi dari cengkeh dan jahe. Cengkeh serta jahe dapat menajadi kombinasi yang pas untuk mengatasi rematik. Dalam proses penggunaan cengkeh ditumbuk bersamaan jahe yakni perbandingan 1 : 1. Setelah kedua bahan tersebut, tinggal oleskan pada bagian yang terasa nyeri secara teratur.

Kulit Manggis

Tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, kulit manggis ternyata juga memiliki banyak khasiat yang belum banyak diketahui orang. Salah satu manfaatnya adalah membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi akibat dari rematik. Untuk penggunaannya kuit manggis dijemur terlebih dahulu sampai kering. Kemudian rebus dengan air panas sampai matang, tunggu sampai air berubah warna. Dan yang terakhir minum air kulit manggis secara berkala.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa obat tradisional rematik yang dapat Anda ketahui.