Obat Sariawan yang Manjur dengan Bahan Alami

By Categories : Kesehatan

Obat sariawan yang manjur sebenarnya dapat Anda temukan dari bahan-bahan alami. Meski di pasaran sudah banyak obat kimia yang memang lebih praktis dan cukup mudah digunakan, namun obat sariawan dengan bahan alami tentu lebih baik karena tidak memiliki efek samping. Tidak dapat dipungkiri jika sariawan merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Seseorang yang terkena sariawan akan susah untuk makan, minum, bahkan berbicara. Biasanya sariawan terjadi pada beberapa bagian mulut seperti bagian bibir, dinding mulut, gusi dan lidah. Penyebab terjadinya sariawan juga beragam, dan terkadang sariawan juga dapat muncul secara tiba-tiba. Penyebab lain dari sariawan adalah kekurangan nutrisi penting seperti vitamin B12, itamin C, serta zat besi. Jika Anda kekuarangan ketiga jenis nutrisi tersebut maka Anda akan rentan terkena sariawan.

obat sariawan yang manjur

Sebelum membahas mengenai obat sariawan yang manjur sebaiknya Anda ketahui penyebab dari sariawan pada umumnya.

• Kurang kebersihan mulut.
• Makan atau minum minuman panas yang menyebabkan luka di mulut, atau makanan yang digoreng yang mengandung banyak minat.
• Kekurangan vitamn C.
• Kondisi tubuh yang kurang fit atau terkena alergi makanan.
• Kekurangan nutiris tubuh.
• Perubahan hormon.
• Letak susun gigi atau kawat gigi.

Obat Sariawan yang Manjur Tanpa Efek Samping

Bahan alami memang tepat untuk dipilih karena tidak memiliki efek samping. Bahan–bahan alami yang digunakan juga cukup mudah didapatkan. Berikut beberapa bahan alami untuk mengobati sariawan.

Air Kelapa

Umumnya sariawan terjadi karena panas dalam. Sehingga Anda dapat mengonsumsi air kelapa untuk menyembuhkannya. Air kelapa dipercaya mampu mendinginkan tubuh sehingga ketika panas dalam air kelapa dapat menenangkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, air kelapa juga mampu mengatasi dehidrasi.

Pisang dan Madu

Obat sariawan yang manjur selanjuntnya adalah dengan memanfaatkan pisang dan madu. Kedua makanan tersebut memang sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengatasi sariawan. Cara menggunakan bahan alami ini adalah dengan menghaluskan buah pisang menggunakan sendok ataupun Anda dapat menggunakan blender. Setelah itu campurkan tumbukkan dari hasil blender menggunakan madu. Oleskan bahan tersebut pada bagian yang terkena sariawan. Pisang dan madu sangat cocok untuk mencegah serta mengobati sariawan di lidah.

baca juga : manfaat madu untuk mengobati sariawan

Daun Jambu Biji

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah daun jambu biji. Selain dapat mengobati sakit perut, daun jambu biji ternyata dapat mengobati sariawan. Caranya adalah dengan mengunyah daun jambu biji sehingga peradangan yang terjadi akibat sariawan akan sembuh. Setelah Anda mengunyah daun jambu biji disarankan untuk segera berkumur dengan air hingga bersih.

Yoghurt

Yoghurt memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengobati sariawan. Hasil olahan susu yang satu ini cukup aman dan tidak memiliki efek samping. Yoghurt mampu membuat bakteri yang ada di dalam mulut lebih seimbang. Dengan begitu, yoghurt mampu mempercepat penyembuhan sariawan pada mulut Anda.

obat sariawan yang manjur1

Jeruk

Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan. Salah satu buah yang dapat Anda pilih adalah jeruk. Buah ini mampu mempercepat penyembuhan luka di bagian yang sariawan. Bahkan salah satu penyebab dari sariawan itu sendiri adalah kekurangan vitamin C. Untuk itu selama proses penyembuhan Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C. Selain jeruk, buah yang dapat Anda pilih adalah tomat, semangka, jambu, dan sebagainya.

Asam Jawa

Obat sariawan yang manjur dari bahan alami selanjutnya adalah asam jawa. Cara menggunakannya adalah dengan menyediakan 2 sendok asam jawa dan 2 gelas air mineral panas. Masukan asam jawa pada air mineral panas, diamkan beberapa menit hingga asam jawa hingga air berubah warna mencari kecoklatan. Gunakan campuran bahan tersebut untuk obat kumur dan lakukan secara rutin minimal 2 kali sehari.

Gejala-gejala Sariawan yang Terjadi pada Anak

Perlu Anda ketahui jika sariawan dapat menyerang siapa saja mulai dari bayi hingga orang dewasa. Untuk anak-anak ada beberapa gejala yang timbul, diantarnyanya adalah sebagai berikut.

• Suhu badan meningkat hingga 40 derajat.
• Anak lebih sering mengeluarkan air liur dibandingkan biasanya.
• Anak lebih rewel dan sering gelisah.
• Susah makan atau minum susu.
• Mulut berbau kurang sedap, ini karena kuman dan jamur yang terdapat rongga mulut sehingga menyebabkan bau.

Pengobatan khusus anak dapat dilakukan dengan menggunakan satu genggam belimbing wuluh segar, buah adas manis, gula batu, dan air secukupnya. Caranya adalah haluskan bunga belimbing wuluh dan buah adas, kemudian tambahkan air dan saring. Hasil saringan tersebut dapat ditambahkan gula batu. Ramuan tersebut dapat diminum 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. Untuk takaran sebanyak 1-2 sendok makan.

baca juga : penyebab sariawan di bibir dan cara mengatasinya

Itulah beberapa obat sariawan yang manjur dari bahan alami yang dapat Anda coba di rumah.

Loading...