Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh

By Categories : Kesehatan

Seperti yang Anda ketahui sakit gigi merupakan suatu keadaan di mana  dapat membuat kepala sangat terasa pusing. Tak hanya itu saja sakit gigi juga dapat membuat segala macam aktivitas menjadi terganggu. Oleh karena itu seseorang yang menderita sakit gigi pastinya ingin cepat mengatasinya.

Umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan sakit gigi dan gigi berlubang, antara lain sering mengonsumsi makanan manis, kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga kesalahan dalam menggosok gigi. Lalu bagaimana cara mengatasi sakit gigi yang tepat? Selain menggunakan obat-obatan dari dokter, berikut adalah obat sakit gigi berlubang alami paling ampuh.

Inilah obat sakit gigi berlubang alami

Bawang putih

Mungkin semua orang sudah mengetahui dari manfaat bawang putih. Salah satu manfaat bumbu dapur yang satu ini adalah dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Hal ini dikarenakan bawang putih kaya akan senyawa antiseptik yang dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu ambilah satu siung bawang putih kemudian letakkan bumbu dapur tersebut pada gigi yang berlubang. Diamkan selama beberapa menit lalu keluarkan bawang putih tersebut dan berkumurlah dengan menggunakan air hangat.

Cabai rawit

Sama seperti bawang putih, cabai rawit juga merupakan salah satubumbu dapur sama seperti bawang putih. Cabai rawit mengandung senyawa capcasain yang dapat meredakan rasa sakit, salah satunya yaitu sakit gigi. Cara menggunakan cabai rawit sebagai obat sakit gigi pun mudah, yaitu larutkan cabai rawit ke dalam air panas. Setelah tercampur masukkan sedikit kapa kemudian tetskan air cabai tersebut di sela-sela gigi berlubang.

Air garam

Obat sakit gigi berlubang selanjutnya adalah dengan menggunakan air garam. Tahukah Anda bahwa garam memiliki sifat anti bakteri yang dapat mengatasi penyakit yang satu ini? Caranya, masukkan  garam ke dalam air hangat lalu aduk hingga rata kemudian Anda bisa menggunakan air tersebut untuk berkumur. Lakukan hal ini secara teratur hingga sakit gigi yang Anda derita sembuh.

Kompres dengan air dingin

Selain menggunakan bahan-bahan alami tersebut, And ajuga bisa memanfaatkan es batu untuk mengatasinya. Suhu dingin pada es batu tersebut dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang. Caranya tempelkan es batu yang sudah dibungkus dengan menggunakan kain pada pipi. Jangan menempelkannya langsung ke gigi, karena hal ini dapat membuat gigi semakin sensitif.

Belimbing wuluh

Berikutnya adalah dengan memanfaatkan  belimbing wulu. Belimbing wuluh juga memiliki sifat antibakteri. Buah yang memiliki rasa asam ini juga merupakan bahan alami paling ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Caranya Anda bisa mengunyahnya dengan menambahkan sekit garam. meskipun akan terasa asam dan asin namun cara ini dapat membuat sakit gigi teratasi.

Demikianlah ulasan mengenai obat sakit gigi berlubang paling ampuh. Untuk menghindari hal tersebut, Anda juga harus mengetahui beberapa hal yang menyebabkan gigi berlubang.

Penyebab gigi berlubang

  • Bakteri. bakteri gigi berlubang sangat sulit dihilangkan karena mirip dengan bakteri berbahaya lain yang hidup di rongga mulut. Terdapat beberapa bakteri yang berbahaya yang menyebabkan gigi berlubang, diantaranya adalah bakteri lactobacillus acidophilus, enam spesies bakteri streptokokus, dan bakteri odontomyces viscoses. Setiap bakteri tumbuh di dalam rongga mulut dan biasanya hidup di permukaan gigi dan di belakang lidah.
  • Timbulnya plak pada gigi. Secara alami, mulut kita terdapat berbagai macam bakteri yang dapat berkembang melalui makanan serta minuman yang mengandung zat tertentu, salah satunya adalah gula. Jika zat gula tersebut tidak segera dibersihkan maka bakteri akan mudah menyerang dan dapat memproduksi asam. Bakteri-bakteri tersebut nantinya akan membentuk plak bakteri. Plak merupakan lapisan tipis yang menempel pada gigi karena mengandung mikroorganisme yang baik ataupun jahat dan bergambung dengan sisa-sisa makanan. Jika terus dibiarkan maka plak tersebut akan menghilangkan mineral pada gigi sehingga menyebabkan erosi dan menyebabkan gigi berlubang.
  • Pola makan. Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat tinggi dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain permen, gula, cokelat, minuman bersoda, biskuit, keripik, dan sebagainya. Untuk itu Anda disarankan untuk memilih makanan dan minuman yang bebas gula.
  • Merokok. Seseorang yang merupakan perokok aktif memiliki risiko lebih tinggi terkena gigi berlubang dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Hal ini disebabkan karena kandungan pada tembakau mampu mengganggu produksi air liur. Air liur tersebut berfungsi untuk membantu menjaga permukaan gigi agar tetap sehat.
  • Mengonsumsi alkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan, seseorang yang gemar mengonsumsi alkohol juga memiliki risiko tinggi terkena gigi berlubang. Hal ini disebabkan karena kandungan alkohol mampu merusak enamel pada gigi.

Baca juga penyebab gigi ngilu dan cara mengatasinya.

loading...