Obat Penyakit Gondok Paling Ampuh dan Mujarab

By Categories : Kesehatan

Penyakit gondok adalah suatu penyakit yang menyebabkan kelenjar tiroid mengalami pembesaran. Secara fisik, penyakit ini dapat dilihat adanya benjolan pada leher. Penyebab utama penyakit gondok adalah kekurangan yodium dan beberapa diantaranya pun disebabkan karena gangguan produksi hormon tiroid. Selain itu hal lain yang menyebabkan  penyakit gondok adalah adanya peradangan, penyakit hashimoto,  gangguan kelenjar tiroid, kehamilan dan juga penyakit graves.

Obat Penyakit Gondok

Seseorang yang penderita penyakit gondok, akan mengalami beberapa tanda dan gejala, seperti demam dan sakit kepala, nyeri saat menelan makanan dan minuman, nafsu makan  turun, sakit pada wajah dan di bawah telinga dan juga telinga berdengung. Setelah mengetahui penyebab dan gejala penyakit gondok, melakukan pengobatan sesegera mungkin adalah tindakan yang tepat untuk mencegah gondok lebih parah. Berikut beberapa jenis penyakit gondok yang perlu Anda ketahui.

Jenis Penyakit Gondok

  • Gondok konginetal. Jenis gondok ini bersifat sporadis yang berasal dari pemberian obat-obatan antitiroid atau yodium yang terjadi semasa kehamilan atau pernah melakukan pengobatan tirotoksikosis. Obat-obatan tersebut akan melewati plasenta dan pada dosis tinggi dapat mengganggu sintesis hormon tiroid.
  • Gondok Interakea. Salah satu banyk lokasi ektopik karingan tiroid berada di dalam trakea. Tiroid intralumen terdapat di bawah mukosa trakea kemudian berlanjut dengan tiroid ektratrakea yang terletak secara normal.

Mengobati gondok dengan metode tradisonal dan herbal tentu saja lebih aman dan bebas dari efek samping. Nah kali ini akan menjelaskan tentang obat penyakit gondok paling ampuh dan mujarab. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini.

Cara mengobati gondok dengan alami

Kulit manggis

Sudah menjadi rahasia umum jika kulit manggis memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan. kulit manggis mengandung antioksidan yang lebih besar jika dibandingkan dengan buah lainnya. Tak hanya itu saja, kulit manggis juga mengandung xanthone yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Sehingga mengonsumsu kulit manggis secara rutin tentu saja dapat mengatasi masalah yang satu ini. Kulit manggis juga memilki sifat anti jamur, anti tumor dan juga anti kanker.

Temu putih dan daun sambiloto

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan temu putih dan daun sambiloto. Kandungan zat baik pada bahan alami tersebut sangat ampuh untuk mengatasi penyakit gondok. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, yaitu siapkan 30  gram temu putih dan 10 gram daun sambiloto kering. Kemudian rebus dalam 600 cc air hingga mendidih sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin Anda bisa meminumnya secara teratur.

Yodium

Salahsatu penyebab utama seseorang terkena penyakit gondok adalah karena kurangnya mengonsumsi yodium. Untuk itu, jika Anda ingin menyembuhkan penyakit ini, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung yodium. Para peneliti mengungkapkan jika takaran yodium yang dibutuhkan orang dewasa adalah 150 mikrogram per hari.

Selada air

Cara mengobati gondok secara alami berikutnya adalah menggunakan selada air. Sama dengan jenis rumput laut, selada air juga banyak mengandung yodium, sehingga sangat efektif menyembuhkan gondok. Selain itu, selada air juga mengandung banyak nutrisi dan mineral seperti germanium, antioksidan, dan sulfur. Semua kandungan selada air tersebut dapat membantu tubuh untuk menormalkan kembali kelenjar tiroid.

Rumput laut

rumput laut atau kelp merupakan tumbuhan yang dapat membantu penyembuhan gondok. Rumput laut memiliki kandungan yodium yang tinggi sehingga mampu membuat tubuh menormalkan fungsi tiroid. Selain itu, rumput laut juga mengandung banyak nutrisi bagi tubuh, seperti kalsium, kalium, magnesium dan zat besi. Untuk mendapatkan rumput ini ada dapat membelinya di supermarket atau toko-toko dalam keadaan kering atau yang sudah dibuat acar.

Daun dewa dan benalu teh

Obat penyakit gondok selanjutnya adalah dengan menggunakan daun dewa dan benalu teh. Sebelum membuat ramuannya Anda harus menyiapkan 30 gram benalu teh dan 30 gram daun dewa. Rebus kedua bahan alami tersebut dalam 700 cc air hingga mendidih dan sampai airnya tinggal 300 cc. Kemudian saring dan minumlah hingga teratur 2 kali dalam sehari.

Melakukan operasi

Jika berbagai macam pengobatan tradisional tidak dapat menyembuhkan penyakit gondok, maka salah satu cara adalah dengan melakukan operasi.  Seseorang yang menderita penyakit gondok 5% diantaranya mengandung sel-sel kanker dalam benjolan tersebut. Meskipun memiliki efek samping seperti perubahan pita suara dan gangguan pernafasan, akan tetapi operasi harus dilakukan benjolan terus membesar hingga mengganggu pernafasan.

Demikianlah ulasan mengenai obat penyakit gondok paling ampuh dan mujarab. Untuk mencegah penyakit tersebut Anda harus mengetahui beberapa gejala dan tanda-tanda penyakit gondok.

  • Sakit pada tenggorokan
  • Terjadi kenaikan suhu pada tubuh
  • Sering merasakan dengungan di telinga
  • Mulut merasakan nyeri dan kaku saat mengunyah makanan
  • Selera makan menurun
  • Terdapat tonjolan kecil di bagian leher

Baca juga obat sesak nafas paling ampuh dan mujarab.

Loading...