Obat Diare untuk Ibu Hamil yang Tepat dan Aman

By Categories : Wanita

Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Hal ini karena dengan memiliki anak, tentu saja rumah akan semakin ramai dan menyenangkan. Akan tetapi saat hamil, ibu juga akan menemui berbagai macam masalah, seperti kaki bengkak saat hamil, stres hingga diare.

Obat Diare untuk Ibu Hamil

Jika tidak segera diatasi, diare juga dapat menjadi masalah kesehatan  yang sangat serius bagi ibu dan janin karena dapat menyebabkan dehidrasi. Beberapa penyebab diare pada ibu hamil antara lain, karena kekurangan asam folat dan vitamin B, sering mengonsumsi makanan pedas, infeksi virus, bakteri  ataupun penyakit lain.

Ketika diare menyerang ibu hamil dapat mengonsumsi obat-obatan kimia, akan tetapi hal ini tentu saja memiliki efek buruk bagi kesehatan janin. Lalu bagaimana caranya? Berikut adalah obat diare untuk ibu hamil yang dapat Anda coba.

Cara mengatasi diare pada ibu hamil

Larutan Oralit

Sudah menjadi rahasia umum jika salah satu cara ampuh mengatasi diare adalah dengan menggunakan larutan oralit. Larutan tersebut berguna untuk mengantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare. Selain dapat ditemukan di apotek, Anda pun bisa membuat larutan oralit di rumah. Caranya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mancampur air putih dengan garam.

Mengonsumsi teh chamomile

Obat diare untuk ibu hamil selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi teh chamomile. Jenis teh yang satu ini memang masih terdengar asing, akan tetapi minuman herbal yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah yang satu ini. Sebaiknya minumlah teh ini setiap hari sebanyak 2 hingga 3 kali.

Air kelapa

Sama seperti oralit, air kelapa juga dapat Anda jadikan sebagai obat diare alami. kandungan elektrolit pada air kepala berguna untuk mencukupi dan mengganti cairan tubuh yang hilang. Tak hanya itu saja, kandungan zat pada air kelapa juga dapat membunuh bakteri penyebab diare. Baca juga makanan penambah darah untuk ibu hamil.

Buah blueberry

Tak hanya dapat mencegah penyakit kanker, buah blueberry juga dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi diare. Kandungan antibiotik dan zat tanin yang ada di dalamnya berguna untuk melawan bakteri maupun virus penyebab diare. Ketika akan mengonsumsi buah blueberry sebaiknya pilihlah buah yang masih segar dan pastikan Anda mencucinya terlebih dahulu.

Mengonsumsi makanan tertentu

Selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Diare disebabkan karena seseorang kurang asupan vitamin B dan juga asam folat. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin B, asam folat dan minumlah air putih secara teratur untuk mencegah tubuh kekurangan cairan. Serta  hindari berbagai macam makanan penyebab diare, seperti, makanan pedas, daging olahan, pasta, jagung, susu formula dan juga kol.

Nah itulah beberapa obat diare untuk ibu hamil yang tepat dan aman. Baca juga artikel lainnya gerakan senam ibu hamil untuk melancarkan persalinan.

loading...