Obat Batuk Tradisional Paling Ampuh untuk Bayi

By Categories : Kesehatan

Batuk merupakan masalah paling umum pada bayi yang sering dialami oleh para orang tua. Jika tidak segera sembuh tentu saja hal ini dapat menyebabkan orang tua khawatir dan panik. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna membuat bayi lebih rentan terhadap suatu penyakit. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui obat batuk tradisional yang ampuh dan aman bagi bayi.

Obat Batuk Tradisional Paling Ampuh untuk Bayi

Pada umumnya batuk pada bayi dapat diatasi dengan menggunakan ASI. Seorang balita yang masih menyusui dapat sembuh dengan sendirinya hanya dengan mengonsumsi ASI. Hal ini dikarenakan ASI berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Sehingga  dapat membuat bayi lebih kebal terhadap suatu penyakit, termasuk batuk. Namun bagaimana dengan balita yang sudah tidak menyusui? Jangan khawatir, berikut adalah obat batuk alami yang dapat Anda gunakan.

Inilah obat batuk tradisional untuk bayi

Madu dan jeruk nipis

Obat batuk yang pertama adalah dengan menggunakan campuran madu dan jeruk nipis. Madu memang sudah dikenal sebagai bahan alami yang mampu menyembuhkan segala macam penyakit, salah satunya yaitu batuk. Sedangkan jeruk nipis mengandung sifat anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan atau infeksi. Jika anak terserang batuk, caranya pun mudah yaitu campurkan 4 sendok makan madu, 1,5 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 5 sendok makan air matang. Berikan obat alami tersebut 3 kali sehari sebanyak 1 sendok makan. Namun yang perlu diketahui, obat alami ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah 1 tahun.

Kunyit

Yang kedua adalah dengan menggunakan kunyit. Sama seperti madu, kunyit juga merupakan bahan alami yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaat kunyit adalah untuk mengatasi batuk pada bayi. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, yaitu oleskan bubuk kunyit pada payudara ibu sebelum menyusui. Atau juga dapat dicampurkan ke dalam susu formula yang akan di minum.

Kecap dan jeruk nipis

Obat batuk tradisional selanjutnya untuk bayi adalah campuran kecap dan jeruk nipis. Campuran kedua bahan alami ini terbukti sangat ampuh untuk meredakan dan melegakan tenggorokan. Caranya pun sangat mudah, yaitu peras jeruk nipis pada sendok makan kemudian tambahkan kecap. Setelah itu aduk hinga rata dan langsung diminum.

Minyak kayu putih

Berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih dapat meringankan batuk yang diderita serta dapat menghangatkan tubuh si kecil. Oleskan minyak kayu putih tersebut pada perut serta punggung si kecil. Selain minyak kayu putih, Anda juga bisa menggunakan minyak lainnya, seperti minyak telon, minyak peppermint ataupun rosemary. Tak hanya itu saja, pastikan si kecil beristirahat secara teratur, karena bayi membutuhkan istirahat yang cukup untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Jika batuk tidak kunjung sembuh, pastikan Anda membawanya ke dokter untuk berkonsultasi.

Demikianlah ulasan mengenai obat batuk tradisional paling ampuh untuk bayi. Baca juga cara mengobati batuk berdahak secara alami

Loading...
terms: obat batuk ampuh buat bayi