Obat Batuk Berdahak Tradisional Paling Mujarab

By Categories : Kesehatan

Selain pilek, batuk merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyerang manusia. Pada umumnya batuk sendiri dibedakan menjadi 2 macam yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Meskipun memiliki karakteristik yang berbeda, akan tetapi keduanya tetap saja mengganggu kesehatan manusia. Beberapa hal yang menyebabkan batuk, antara lain influenza, asma, obat-obatan dan lainnya.

batuk berdahak

Saat ini ada banyak sekali obat-obatan medis yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi batuk berdahak. Akan tetapi penggunaan yang terus menerus kemungkinan besar memiliki efek samping yang membahayakan. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa beralih dengan menggunakan obat batuk berdahak tradisional dan herbal. Obat herbal tentu saja lebih aman dan tidak memiliki efek samping. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Cara mengobati batuk berdahak secara alami

Buah kapulaga

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan buah kapulaga. Bahan alami ini memang sudah terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk mengatasi batuk. Cara membuat obat tradisional dari buah kapulaga pun sangat mudah, yaitu siapkan 5 buah kapulaga dan segelas air. Kemudian cuci hingga bersih lalu rebus dengan menggunakan air tersebut setelah mendidih Anda bisa mengonsumsinya secara teratur.

Daun sirih

Selain menggunakan buah kapulaga, Anda juga dapat memanfaatkan bahan alami lainnya untuk mengatasi batuk berdahak yaitu dengan menggunakan daun sirih. Caranya, ambil beberapa lembar daun dan siapkan beberapa ruas jahe. Kemudian rebus keduanya hingga mendidih. Minumlah ramuan tersebut sehari sekali untuk mengatasi masalah yang satu ini. Selain dapat mengobati batuk, manfaat daun sirih lainnya juga dapat digunakan untuk mengatasi keputihan, bau badan, sakit mata dan penyakit lainnya.

Asam jawa dan gula merah

Obat batuk berdahak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan asam jawa dan gula merah. Kandungan vitamin C pada asam jawa sangat ampuh untuk melawan bakteri dan virus penyebab batuk. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu siapkan 10 gram buah asam jawa, gula merah secukupnya dan segelas air panas. Lalu campurkan semua bahan-bahan tersebut hingga tercampur, minum ramuan tersebut selagi masih hangat dan lakukan dengan teratur hingga batuk berdahak teratasi.

Jeruk nipis dan madu

Jeruk nipis dan madu memang sudah terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk menjaga kesehatan. Caranya, ambil perasan air jeruk nipis kemudia tambahkan dengan madu asli. Minumlah obat herbal yang satu ini satu kali dalam sehari. Selain mengobati batuk, campuran kedua bahan alami ini juga dapat digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Jahe

Berikutnya adalah dengan menggunakan jahe. Seperti yang Anda ketahui jahe merupakan salah satu bahan alami yang mengandung sifat anti bakteri. Caranya, hancurkan beberapa ruas jahe kemudian seduh dengan menggunakan air hangat. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkannya dengan menggunakan gula pasir. Minum ramuan ini sehari sekali secara teratur.

Demikianlah ulasan mengenai obat batuk berdahak tradisional paling mujarab. Selain itu, Anda juga harus mengetahui makanan yang perlu dihindari saat mengalami batuk berdahak. Hal ini penting agar proses penyembuhan Anda lebih cepat.

Berikut makanan yang perlu dihindari saat batuk berdahak

Selain dengan menggunakan obat-obatan herbal atau secara alami, sabaiknya Anda harus menghindari makanan yang dapat memperparah betuk berdahak Anda. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari.

  • Makanan pedas

Makanan pertama yang perlu Anda hindari adalah makan pedas. Banyak orang yang mengonsumsi makanan pedas saat flu, namun Anda tidak disarankan mengonsumsi makanan pedas saat terkena batuk berdahak.  Hal ini dikarenakan makanan pedas yang berasal dari cabai, lada, cengkeh, dan pala justru dapat membuat tenggorokan Anda semakin parah.

  • Makanan kering

Selain mengonsumsi obat batuk berdahak tradisional, Anda juga perlu menghindari makan makanan yang kering. Hal ini karena dalam kondisi batuk berdahak, tenggorokan Anda akan terasa sakit dan nyeri. Jika Anda mengonsumsi makanan kering justru akan memperparah tenggorokan Anda. Untuk itu, hindari makanan kering seperti kacang-kacangan, gorengan, biskuit, dan sebagainya.

  • Makanan asam

Selain sebagai pantangan bagi penderita asam lambung, makanan asam juga tidak diperbolehkan bagi Anda yang terkena batuk berdahak. Hal ini karena makanan seperti buah jeruk, lemon, dan makanan asam lainnya berpotensi menyebabkan rasa gatal di bagian tenggorokan. Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan yang mengandung cuka dan vinegar.

  • Produk susu

Makanan yang perlu dihindari bagi penderita batuk berdahak adalah produk susu. Walaupun banyak mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, penderita batuk berdahak sebaiknya menghindari makanan yang terbuat dari olahan susu karena dapat menyebabkan gatal di tenggorokan Anda.

  • Alkohol

Alkohol memang tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan apapun. Hal ini karena banyak masalah kesehatan serius yang dapat disebabkan karena alkohol. Bagi seseorang yang terkena batuk berdahak, mengonsumsi alkohol justru akan memperparah tenggorokan Anda.

Baca juga cara mengobati batuk berdahak secara alami