Museum di Jakarta yang Sering Dikunjungi Para Wisatawan

By Categories : Wisata

Siapa yang tidak mengetahui museum? Museum adalah salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini dikarenakan museum merupakan tempat wisata yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Setiap museum pastinya memiliki koleksi yang sangat berbeda. Hal inilah yang membuat para wisatawan sangat senang mengunjungi berbagai macam museum. Sebagai pusat pemerintahan, Jakarta memiliki berbagai macam destinasi tempat wisata. Selain Dufan, Jakarta juga memiliki museum yang sangat menarik untuk dikunjungi. Nah berikut adalah daftar museum di Jakarta paling menarik dan populer.

Museum di Jakarta

Inilah museum di Jakarta yang populer dan menarik

Museum Basoeki Abdullah

Yang pertama adalah Museum Basoeki Abdullah. Basoeki Abdullah adalah seorang pelukis handal yang meninggal di tahun 1993. Sepanjang hidupnya ia banyak melukis lukisan yang sangat indah dan diakui oleh dunia. Bagi Anda penggemar seni lukis, museum ini sangat cocok Anda kunjungi. Museum Basoeki Abdullah sendiri terletak di Jalan Keuangan Raya, No. 19 Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Museum ini buka setiap hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00 serta sabtu dan Minggu pukul 08.00 hingga 15.00 dengan harga tiket masuk Rp 2.000.

Museum Art Mon Decor

Yang kedua adalah Museum Art Mon Decor. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui museum ini. Namun tak ada salahnya untuk mengunjungi museum yang berada di Jalan Rajawali Selatan Raya No.3, Kemayoran, Jakarta Utara ini. sama seperti Museum Basoeki Abdullah, museum ini juga menampilkan berbagai macam karya seni lukis. Salah satu keunikan dari museum ini adalah, karya seni yang dipajang di sana akan berganti sesuai tema setiap tiga bulan sekali.

Museum Nasional

Museum di Jakarta selanjutnya adalah Museum Nasional atau yang biasa disebut dengan Monas. Hampir setiap orang sudah pernah mengunjungi salah satu tempat wisata di Jakarta ini. di Museum ini Anda bisa melihat berbagai macam koleksi benda prasejarah. Untuk bisa masuk ke sini para pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk dewasa, Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing.

Museum Tekstil

Berikutnya adalah Museum Tekstil. Museum yang terletak di Jalan Aipda K.S Tubun No. 2-4, Jakarta Pusat ini memiliki koleksi kekayaan dan ragam kain tradisional Nusantara, seperti kain tenun, kain batik, peralatan pembuat batik dan koleksi-koleksi lainnya. Museum ini buka pada hari Selasa hingga Minggu, pukul 09.00 hingga 15.00 dengan tiket masuk sebesar Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 5.000 untuk dewasa. sedangkan pada hari Senin dan hari besar museum ini tutup.

Museum Bahari

Bagi Anda pecinta wisata bahari, tak ada salahnya untuk mengunjungi wisata ini. di Museum Bahari ini memiliki koleksi benda-benda yang terkait dengan kenelayanan dan kebaharin bangsa Indonesia, seperti Jangkar, koleksi perahu asli, teropong dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa mengunjunginya di Jalan Pasar Ikan Jakarta Utara.

Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah jakarta juga dikenal dengan sebagai Museum Fatahillah atau Museum Batavia. Museum ini berada di Jl. Taman Fatahillah No2 Jakarta Barat. Museum yang memiliki luas 1.300 meter persegi ini awalnya merupakan sebuah balai kota pada zaman Belanda yang dibangun atas perintah Gubernur jendral Johan Van Hoorn pada 1707. Museum ini berdiri kokoh hingga sekarang dengan bentuk menyerupai Istana Dam yang berada di Amsterdam. Museum Fatahillah terdiri dari bangunan utama yang berbentuk sayap, dan bangunan sanding yang digunakan untuk kantor, pengadilan, serta ruang bawah tanah untuk penjara.

Museum Wayang

Museum di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi adalah Museum Wayang. Museum ini berada di Jalan Puntu Besar Utara No. 27 Jakarta Barat. Museum ini memiliki bentuk yang unik dan sudah beberapa kali mengalami perbaikan. Di sini terdapat berbagai macam bentuk wayang dari seluruh Indonesia, baik yang terbuat dari kayu. kulit, dan bahan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat melihat beberapa wayang dari luar negeri seperti dari Kamboja, dan Tiongkok. Hingga saat ini terdapat lebih dari 4.000 buah wayang yang ada di Museum ini.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum ini berada di seberang Museum Sejarah Jakarta. Di sini Anda dapat melihat berbagai macam koleksi keramik dari berbagai daerah di Indonesia. Dari zaman Kerajaan Majapahit pada abad ke-4 hingga keramik dari seluruh dunia. Awalnya digunakan untuk Dewan Kehakiman di Benteng Batavia oleh Pemerintah Hindia-Belanda. Kemudian pada masa penjajahan Jepang bangunan ini dimanfaatkan oleh tentata KNIL dan dijadikan asrama. Saat ini mueseum ini menyajikan berbagai macam koleksi dari seniman-seniman Indonesia sejak tahun 1800-an. Terdapat beberapa ruangan hasil karya seniman Indonesia sesuai periodisasi. Untuk seni rupa, terdapat beberapa patung-patung yang unik, seperti Totem Asmat dan sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai museum di Jakarta yang sering dikunjungi para wisatawan.