Model Taman Depan Rumah Minimalis dan Modern

By Categories : Umum

Model taman depan rumah saat ini sangat beragam mulai dari konsep klasik hingga modern. Taman merupakan bagian dari rumah yang memiliki peran penting. Selain untuk mempercantik rumah, taman juga dirancang untuk membuat suasana rumah terlihat lebih segar sehingga dapat dijadikan sebagai media relaksasi agar tubuh Anda tetap bugar.

Taman identik dengan tanaman hias serta tumbuhan hijau yang disusun secara alami. Taman dapat dijumpai di depan, belakang, atau di dalam rumah. Konsep yang dipilih juga sangat beragam, biasanya menyesuaikan dengan konsep rumah itu sendiri. Beberapa orang bahkan rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk membayar jasa pembuatan taman. Area yang cukup sempit serta kontur tanah yang tidak beraturan membuat orang kesulitan mendesain sebuah taman.

Sebenarnya Anda dapat membuat taman sendiri dengan sedikit kreatifitas serta kemampuan yang tinggi. Untuk mempercantik bagian depan terdapat banyak pilihan model taman depan rumah yang bisa Anda pilih, salah satunya model taman minimalis dan modern. Jika Anda memiliki konsep rumah yang sederhana maka taman rumah mnimalis ini sangat cocok untuk dipilih. Rumah minimalis biasanya memiliki ciri yang sederhana namun fungsional.

model taman depan rumah

Rumah dengan ciri tersebut akan lebih indah dengan adanya taman di bagian depan. Sentuhan hijau dari tanaman hiasan seperti bunga-bunga dan tumbuhan lain akan memberikan kesan alam terbuka dan membuat suasana menjadi segar. Anda juga dapat menambahkan kolam ikan dengan tambahan air mancur agar terlihat lebih cantik.

Membuat Model Taman Depan Rumah dengan Mudah

Fungsi taman depan rumah adalah untuk memperindah bagian depan halaman. Tidak hanya untuk rumah besar, rumah minimalis dan modern juga dapat dikombinasikan dengan taman yang indah. Rumah minimalis memang tidak memiliki area depan yang terlalu luas, namun tetap dapat diatur menjadi sebuah taman.

Dalam membuat taman, konsep yang tepat merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan. Konsep tersebut harus sesuai dengan rumah, jangan sampai taman yang dibuat jauh dari konsep rumah yang ada. Untuk rumah minimalis, taman dapat dibuat di area yang kecil, namun tidak berarti ukuran ini terlihat sumpek dan acak. Sebaliknya, taman mungil yang minimalis biasanya akan terlihat menarik dan dapat mempercantik rumah minimalis Anda. Bahan yang tepat untuk membuat model taman dengan rumah minimalis adalah batu dan kayu. Kedua bahan tersebut dapat dikombinasikan menjadi sangat menarik.

Batu-Batuan Alam

Batu alam memiliki peran penting untuk memperindah model taman depan rumah menjadi terlihat alami. Taman tersebut tentu dapat menyatu dengan konsep rumah Anda. Alasan lain menggunakan bahan ini adalah masalah kebersihan. Saat hujan turun, umumnya percikan air dapat membuat area sekitar menjadi kotor. Namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan batu-batu alam untuk menutupi area tanah.

Anda harus menata batu alam tersebut serapi mungkin dibagian sisi taman atau bagian tertentu. Agar terlihat semakin variatif, Anda dapat mengaplikasikan batu alam dengan jenis yang berbeda namun dengan penempatan yang tepat. Sebagai contoh jika menggunakan warna dasar batuan hitam, maka Anda dapat memberikan perpaduan warna putih di bagian depan. Atau Anda dapat memilih berbagai warna lain dan membentuk motif gambar tertentu, misalnya motif bunga. Motif ini merupakan pilihan terbaik karena cocok jika dilihat dari sisi kealamian tanaman.

Kayu

Dalam membuat model taman depan rumah Anda juga dapat menggunakan kayu. Bahan ini lebih banyak difungsikan sebagai ornamen penghias. Ada berbagai jenis kayu yang bisa Anda pilih. Hampir semua memiliki tampilan yang sama. Anda dapat memanfaatkan kayu untuk dijadikan rak tempat pot-pot tanaman. Rak pot tersebut dapat didesain menyerupai panggung sehingga pot tanaman akan terlihat lebih rapi dan cantik.

model taman depan rumah1

Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan kayu untuk bahan membuat kursi. Sediakan satu atau dua kursi di samping sebagai tempat bersantai. Anda dapat duduk sambil membaca koran atau minum kopi di pagi hari sambil menikmati udara segar taman.

Tips Merawat Taman Depan Rumah Minimalis

• Pencahayaan – Perlu Anda ketahui jika tidak semua tanaman dapat tumbuh ditempat yang gelap. Untuk itu, pastikan tanaman Anda mendapatkan cahaya yang sesuai karena hal tersebut merupakan hal penting.
• Ubah tanah – Beberapa tanaman tidak dapat tumbuh maksimal meski mendapatkan air serta cayaha yang cukup. Jika itu terjadi maka solusinya adalah dengan mengganti media tanam. Anda dapat mengganti tanah dengan yang baru dengan tujuan memperbaiki nutrisi tanaman.
• Pupuk alami – Agar tanaman tetap tumbuh subur Anda harus memberikan pupuk. Pupuk yang bisa dipilih adalah pupuk yang berasal dari kotoran.

baca juga : inilah taman bunga terindah di dunia

Itulah beberapa cara memilih model taman depan rumah dan tips merawat taman yang perlu Anda ketahui.