Minuman Tradisional Indonesia Paling Populer

By Categories : Makanan

Indonesia terkenal memiliki objek wisata dan keanekaragaman budaya yang menarik. Selain itu, setiap daerah di Indonesia juga memiliki adat istiadat dan kuliner yang berbeda-beda. Salah satu kuliner yang menarik untuk selalu dicoba adalah minuman tradisional Indonesia. Ada banyak sekali minuman tradisional dengan citarasa yang unik. Biasanya minuman tradisional tersebut terbuat dari bahan alami dan rempah-rempah. Selain enak, minuman tersebut juga baik untuk kesehatan. bahan-bahan alami seperti jahe mampu menghangatkan tubuh.

Minuman Tradisional Indonesia Paling Populer

Berikut minuman tradisional Indonesia

  1. Cendol

Cendol terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan menggunaakan es parut dan dicampur gula merah serta santan. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Cendol sangat terkenal di Sunda, sedangkan di Jawa, minuman ini terkenal dengan nama es dawet. Biasanya orang mengonsumsi cendol di siang hari dan dicampur dengan tape ketan. Warna hijau dari cendol tersebut berasal dari pandan sehingga cukup aman untuk kesehatan.

  1. Bir pletok

Walaupun bernama bir, namun minuman tradisional Indonesia ini tidak mengandung alkohol. Ini merupakan minuman yang berasal dari Betawi dan terbuat dariĀ  rempah-rempah. Di antaranya adalah kayu manis, sereh, kapulaha, jahe, dan gula. Bir Pletok mampu menghangatkan tubuh, terlebih lagi di saat musim hujan.

  1. Bajigur

Minuman ini sangat populer di Jawa Barat. Bahan untuk membuat Bajigur adalah santan, gula aren, dan untuk menambah rasa nikmat dicampurkan sedikit jahe, bubuk vanili, dan garam. Minuman tradisional Indonesia ini biasanya dijual menggunakan gerobak dan biasa disajikan dengan pisang rebus dan ubi rebus.

  1. Sekoteng

Minuman khas Jawa Tenga ini terbuat dari jahe yang biasa disajikan panas. Bahan lain yang biasa dicampurkan dalah kacang tanah, kacang hijau, pacar cina, dan potongan roti. Minuman ini sangat enak dinikmati di malam hari dengan suasana dingin. Sekoteng biasanya dijual keliling dengan gerobak atau dipikul.

  1. Es teler

Es teler terbuat dari campuran kelapa muda, alpukat, nangka, susu kental, santan, dan sirup. Kemudian campuran tersebut diberi serutan es batu. Varian lain lain dari es tler adalah potongan buah apel, cincau, kolang kaling, agar-agar, dan melon. Memang es teler sangat sulit dibedakan dengan es campur karena isi dari buah-buahannya hampir sama.

  1. Wedang ronde

Minuman tradisional Indonesia ini sangat populer di Jawa. Wedang memiliki arti minuman, sedangkan ronde adalah bola-bola kecil. Wedang ronde terbuat dari jahe yang dicampur dengan kolang-kaling dan bola-bola kecil. Bola tersebut terbut dari tepung yang didalamnya terdapat kacang. Anda akan merasakan hangat di tubuh setelah mengonsumsi minuman tradisional ini. Agar lebih nikmat bisanya orang menambahkan potongan roti di atasnya.

  1. Minuman lahang

Ini merupakan minum khas Indonesia yang cukup populer. Minuman ini terbuat dari nira dengan rasa manis segar sebagai ciri khas nya. Lahang diperoleh dari sadapan pohon aren. Yang disadap adalah bagian bunga jantan. Untuk cara menyadapnya tidak boleh sembarangan. Para petani umumnya berangkat lebih awal agar kesagaran saat menyadap aren tetap terjaga. Menurut para petani jika telat menyadap maka air dari bunga jantan akan berubah menjdao tuak atau cuka. Pohon arenn yang baik untuk disadap adalah yang sudah berusia lebih dari 5 tahun.

  1. Es oyen

Bagi orang Jawa Timur, terutama Sidoarjo-Surabaya pasti tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Es oyen memiliki sajian seperti es campur. Biasanya es oyen dibuat dari campuran alpukat, mangga, nangka, dan kelapa muda. Kemudian menggunakan santan dan susu kental manis untuk menyegarkan. Di Surabaya es oyen memiliki harga yang cukup terjangkau

  1. Es Selendang mayang

Ini merupakan jajanan tradisional khas Betawi. Es selendang mayang memiliki rasa yang legit dan manis dan sangat nikmat disantap dalam keadaan dingin. Walaupun jajanan ini sudah jarang ditemui tetapi masih banyak penikmat kuliner yang mencarinya. Menurut para penjual es ini, selendang mayang merupakan resep yang berasal dari leluhur Betawi. Walaupun merupakan resep warisan, namun bahan yang digunakan untuk membuat es ini tidaklah sulit, yaitu sagu aren. Untuk adonan kue dapat Anda buat seperti agar-agar dan biasanya berwarna merah dan hijau dengan perpaduan putih. Adonan tersebut kemudian dicampur dengan air gula jawa, kuah santan, dan es batu.

  1. Wedang uwuh

Banyak sejarah minuman tradisional dari Jawa yang memiliki beragam cerita. Minuman tradisional tersebut biasanya lahir dari hasil coba-coba. Minuman dalam bahasa Jawa disebut dengan wedang. Ada berbagai macam wedang yang dapat dijumpai, salah satunya adalah wedang uwuh. Minuman tradisional khas Indonesia ini terbuat dari bahan-bahan organik sehingga memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Khasit tersebut di antaranya adalah dapat menghangatkan tubuh, menyembuhkan berbagai penyakit, dan menyegarkan badan. Minuman ini sangat nikmat dikonsumsi pada malam hari.