Menu Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas Sejak Dini

By Categories : Kesehatan

Setiap orang tua tentu saja ingin memiliki buah hati yang cerdas ketika besar nanti. Karena dengan memiliki anak cerdas, pintar dan aktif menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap orang tua. Maka tidak heran ketika banyak orang tua melakukan berbagai cara untuk membuat anak cerdas dari mulai ia masih dalam kandungan. Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa segala sesuatu yang dilakukan dan dikonsumsi oleh ibu hamil dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan anak ketika sudah lahir dan tumbuh besar. Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak cerdas sejak dini, diantara dengan memenuhi asupan makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi di dalamnya ketika masa kehamilan.

Menu Makanan Ibu Hamil

Menu makanan ibu hami agar anak cerdas harus mengandung nutrisi seperti protein, AA-DHA, asam amino, asam lemak omega 2, dan masih banyak lagi lainnya. Nurtisi tersebut sangat berperan penting untuk perkembangan otak janin dalam kandungan. Makanan ibu hamil agar anak cerdas dapat dengan mudah Anda dapatkan. Ingin tahu apa saja macam-macam makanan tersebut? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Berikut Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Kacang Tanah

Makanan pertama yang sangat dianjurkan untuk di konsumsi oleh ibu hamil adalah kacang tanah. Selain baik untuk kesehatan ibu hamil, ini juga merupakan salah satu makanan ibu hamil agar anak cerdas sejak dini. Hal ini dikarenakan kacang tanah memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, dimana dapat membantu mencegah cacat otak pada janin dan pastinya dapat membuat anak  tumbuh cerdas ketika sudah lahir. Tapi satu hal yang harus Anda tahu, makanan ini hanya disarankan kepada para ibu hamil yang tidak memiliki alergi kacang tanah ataupun sejenisnya, karena justru akan dapat membahayakan kondisi kehamilan.

Bayam

Sayuran hijau ini sangat baik untuk ibu hamil muda. Hal ini karena bayam mengandung asam folat yang memang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah cacat tabung saraf, yakni cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, mangan, zat besi, dan serat.

Pisang

Buah pisang baik dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama. Hal ini karena pisang mampu mengurangi mual yang sering dialami ibu hamil muda pada tiga bulan pertama. Buah pisang merupakan sumber vitamin B6 yang tinggi. Selain itu, pisang juga kaya akan serat, asam folat, vitamin C, dan potasium.

Telur

Makanan ibu hamil agar anak cerdas sejak dini selanjutnya adalah telur. Mengonsumsi telur juga dapat membuat anak cerdas. Karena telur memiliki kandungan protein dan lemak yang sangat kaya akan vitamin dan juga mineral yang banyak bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Ibu hamil dianjurkan untuk mendapatkan sekitar 450 mg choline setiap harinya. Meskipun begitu tidak disarankan untuk mengonsumsi telur secara berlebihan karena dapat menyebabkan alergi dan gangguan lainnya. Bagi ibu hamil yang vegetarian atau tidak mengonsumsi telur dapat menggantinya dengan daging sapi, susu, dan kacang kedelai.

Baca juga Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil dan Janin.

Alpukat

Ibu hamil yang memasuki trimester kedua disarankan untuk mengonsumsi alpukat. Ini karena buah alpukat merupakan sumber serat, vitamin C, vitamin K, asam folat, kalium, dan vitamin B6. Alpukat juga mengandung lemak jenuh yang sehat yang mampu membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Sama seperti buah pisang, alpukat juga mampu mengurangi rasa mual di pagi hari. Selain itu, alpukat juga membantu pertumbuhan otak bayi serta pertumbuhan jaringan.

Pepaya

Makanan ibu hamil ini cocok saat memasuki trimester ketiga. Buah pepaya mengandung vitamin C, serat asam folat, dan potasium. Buah tropis ini juga baik untuk mencegah sembelit yang sering dialami ibu hamil trimester ketiga. Namun perlu Anda ketahui jika ibu hamil hanya boleh mengonsumsi pepaya yang benar-benar sudah matang. Ini karena pepaya yang masih mentah banyak mengandung pepsin pada getahnya yang dapat menimbulkan kontraksi.

Ikan Salmon

Mungkin jenis makanan ibu hamil agar anak cerdas yang satu ini memang sulit untuk ditemui dan jikapun ada harganya cukup mahal dibandingkan jenis ikan lainnya. Ikan salmon memang sangat ampuh untuk membantu mencerdaskan otak janin. Hal ini dikarenakan ikan salmon  memiliki kandungan protein, asam lemak esensial omega 3 dan juga AA dan DHA. Sangat disarnkan jika ibu hamil tidak mengonsumsi ikan salmon masih dalam kondisi mentah. Karena di khawatirkan ikan salmon tersebut masih mengandung bakteri yang dapat membahayakan kondisi kesehatan.

Makanan ibu hamil di atas sebaiknya jangan dilewatkan dalam menu sehari-hari hingga hari kelahiran tiba. Namun ibu hamil tetap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan lain yang baik untuk janin dalam kandungan.

terms: buah dan sayur apa buat janin sehat dan cerdas, makanan ibu menyusui agar bayi cerdas