Menu Makanan Diet Golongan Darah B

By Categories : Kesehatan

Berat badan berlebih tentu saja menjadi salah satu masalah yang sering dialami hampir setiap orang. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal salah cara paling tetap adalah dengan cara berdiet. Pada umumnya ada bebera jenis diet yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu diet golongan darah. Seperti yang Anda ketahui diet berdasarkan golongan darah pertama kali ditulis oleh Dr. Peter J. D. Adamo dalam bukunya yang berjudul ‘Eat Right for Your Type Diet.’ Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai diet golongan darah O, kali ini adalah menu makanan diet golongan darah B.

diet gol darah B

Golongan darah B merupakan golongan darah universal. Meskipun ia memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dibandingkan dengan golongan darah lainnya, seseorang yang memiliki golongan darah ini memiliki resiko medis, seperti diabetes tipe 1 dan sindrom kelelahan kronis. Untuk masalah makanan, golongan darah B juga tidak memiliki banyak pantangan. Namun meskipun begitu ada pula beberapa makanan yang harus dihindari guna menjaga berat badan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah menu makanan diet golongan darah B yang perlu diketahui.

Menu diet untuk golongan darah B

Mengonsumsi makanan berprotein

Mengonsumsi makanan kaya protein sangat baik untuk mereka yang bergolongan darah B. Beberapa makanan kaya akan protein yang dapat dikonsumsi antara lain, tahu, telur dan juga tempe. Meskipun baik dikonsumsi Anda juga harus membatasi beberapa makanan mengandung protein lainnya, yaitu keju, susu kambing dan juga yoghurt.

Buah dan sayuran

Buah dan sayur memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun tak hanya itu saja buah yang Anda konsumsi juga dapat membantu berat badan lebih terkontrol dan terjaga. Buah yang baik dikonsumsi seseorang yang bergolongan darah B adalah wortel, kembang kol, brokoli dan juga kubis. Sedangkan sayuran yang baik dikonsumsi yaitu pepaya, pisang, anggur dan juga nanas.

Makanan laut

Untuk golongan darah A, makanan laut merupakan salah satu menu diet yang harus dijauhi. Namun berbeda dengan golongan darah B. Bagi golongan darah B mengonsumsi makanan laut sangatlah dianjurkan. Beberapa makanan laut yang baik dikonsumsi adalah telur ikan, ikan sarden dan juga ikan salem.

Kacang-kacangan

Menu diet golongan darah B selanjutnya adalah kacang-kacangan. Mereka yang memiliki golongan darah B sangat dianjurkan mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai dan lainnya. Tak hanya itu saja jenis kacang-kacangan lainya seperti kenari juga baik dikonsumsi mereka yang bergolongan darah universal ini.

Rempah-rempah

Berikutnya adalah rempah-rempah. Rempah-rempah yang baik untuk golongan darah ini adalah minyak zaitun, bubuk cabai dan juga bumbu kari. Selain itu Anda juga dapat mengonsumsi bahan alami lainnya, seperti gingseng, jahe, teh hiau dan juga peppermint.

Demikianlah ulasan mengenai menu diet golongan darah B. Selain itu, Anda juga harus mengetahui beberapa hal penting saat menjalankan diet ini. Ini agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal dan tentu kesehatan Anda akan tetap terjaga.

Hal penting yang harus Anda ketahui

Bagi seseorang yang memiliki golongan darah B disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung jagung, gandum, serta kacang-kacangan. Hal yang perlu Anda ketahui lainnya adalah seseorang yang memiliki golongan darah B tidak masalah jika sering mengonsumsi menu olahan susu. Produk olahan susu tersebut tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Sebaliknya, olahan susu tersebut justru mampu menjaga metabolisme tubuh.

Agar diet semakin maksimal, orang dengan golongan darah B harus menghindari makan daging ayam dan udang. Anda lebih baik mengonsumsi daging sapi karena memiliki sifat netral bagi golongan darah B. Jika Anda menyukai olahan mie, sebaiknya mulai dihindari dari sekarang karena mie dapat meningkatkan berat badan Anda. Lebih baik Anda mengonsumsi nasi karena bagi orang yang memiliki golongan darah B, nasi merupakan makanan yang netral.

Sayuran yang perlu dihindari untuk golongan darah B adalah tomat. Baik berupa jus atau lainnya. Hal ini karena tomat dapat memengaruhi efisiensi metabolisme tubuh. Sehingga dapat menyebabkan kelelahan, kadar gula menjadi rendah, dan retensi cairan.

Selain tomat, orang dengan golongan darah B juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sumber nabati yang berasal dari telur angsa,  telur bebek, dan telur puyuh. Anda lebih baik menggantinya dengan telur ayam kampung. Telur kampung mampu mencukupi kebutuhan protein Anda.

Menu makanan diet golongan darah B juga tidak lepas dari proses pengolahannya. Perlu Anda ketahui jika tidak semua jenis minyak baik untuk golongan darah B. Jenis minyak yang paling baik adalah minyak zaitun. Minyak zaitun tersebut sangat baik untuk golongan darah B.

Baca juga jenis diet sehat untuk turunkan berat badan.