Menikmati Pesona Wisata Alam Kalibiru di Kulon Progo, Yogyakarta

By Categories : Wisata

Siapa yang tidak kenal dengan Yogyakarta? Hampir setiap orang pastinya mengenal kota Pelajar tersebut. Tak hanya terkenal dengan gudeg, sebagai salah satu makanan khas Yogyakarta. Kota pelajar yang satu ini juga terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat indah dan mempesona. Selain Malioboro dan wisata alam pantai yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta juga memiliki tempat wisata dengan pemandangan alam pegunungan yang sangat indah, salah satunya yaitu wisata alam Kalibiru yang ada di Kulon Progo. Kalibiru terletak di Kulon Progo, tepatnya di Jalan Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kulon Progo, Yogyakarta. Di salah satu tempat wisata di Jogja ini Anda bisa menikmati keindahan alam Kulon Progo yang sangat indah dan mempesona.

wisata alam Kalibiru

Menikmati keindahan di wisata alam Kalibiru, Kulon Progo

Tahukah Anda bahwa dulunya Kalibiru merupakan sebuah desa yang sangat tandus? Hal ini terjadi karena adanya aksi pembakaran hutan di tempat tersebut. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu para penduduk mulai berbondong-bondong dan berusaha untuk menghutankan desa tersebut. Saat ini wisata Kalibiru digunakan sebagai salah satu tempat wisata yang berguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,

Di tempat wisata yang memiliki ketinggian hingga  450 meter di atas permukaan laut ini Anda bisa melihat pemandangan perbukitan serta dapat melihat waduk Sermo dari atas bukit tersebut. Jika cuacanya cerah, di ketinggian tersebut Anda juga dapat melihat ombak yang ada di pantai selatan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata alam Kalibiru adalah pada sore hari. karena pada saat itu Anda akan bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata ini pada pagi hari untuk menyaksikan matahari terbit.

Udaranya yang sangat sejuk dan dingin, maka jangan lupa untuk membawa jaket tebal agar tidak kedinginan. Untuk menyaksikan pemandangan yang lebih indah jangan ragu untuk naik tangga dan duduk di papan kayu yang sudah terpasang di sana. Pemadangan yang dilihat dari atas sana tentu saja sangatlah mempesona dan memanjakan mata.

Ketika sudah sampai di sana, salah satu kegiatan yang harus dilakukan para travelling adalah mengambil foto. Jika ingin berfoto di sana, para wisatawan diharuskan membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000. sedangkan untuk tiket masuknya adalah hanya sebesar Rp 5.000 saja.

Jika tertarik untuk mengunjungi Kalibiru dengan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan pribadi yang Anda gunakan sudah Anda cek mulai dari rem hingga bannya. Bagi Anda yang berasal dari luar kota, jangan khawatir, karena wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap seperti, pengiapan, warung makan, parkir yang luas serta fasilitas lainnya.

Untuk bisa sampai ke wisata alam Kalibiru Anda harus menempuh jarak sekitar 40 km dari kota Yogyakarta dan atau 10 km dari kota Wates.

terms: albero altissimo