Menikmati Keindahan dan Pesona Wisata Pantai Balekambang Malang

By Categories : Wisata

Tak hanya terkenal dengan kebun apel, Museum Angkut, Wisata Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Tempat wisata di Malang yang paling populer dan sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai Balekambang Malang. Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai terindah dan terbaik di Jawa Timur. Jika dibandingkan dengan pantai lainnya, pantai ini sangatlah unik dan memiliki daya tarik tersendiri yaitu adanya sebuah pura di atas pulau sama sepeti Tanah Lot yang ada di Bali.

Menikmati Keindahan dan Pesona Wisata Pantai Balekambang Malang

Pantai yang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang ini merupakan salah satu Pantai di Malang yang memiliki pemandangan indah dan wajib dikunjungi ketika berkunjung ke sana. Di sekitar pantai ini terdapat 3 pulau, yaitu Pulau Wisanggeni, Pulau Anoman dan juga Pulau Ismoyo. Di PulaU Ismoyo inilah terdapat sebuah Pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati. Sama seperti pura-pura lainnya, pura tersebut juga seringkali digunakan untuk kegiatan keagamaan umat Hindu. Untuk bisa sampai ke pura tersebut ada sebuah jembatan panjang yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang.

Pesona wisata Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang juga memiliki pesona yang sangat indah dan memanjakan mata sama seperti wisata pantai di Jawa Timur lainnya. Pantainya yang masih sepi dan belum banyak dikunjungi para pengunjung, membuat pantai ini masih sangat terawat dan asri.  Airnya yang dangkal membuat para pengunjung dapat bermain di pinggir pantai.

Tak hanya itu saja, pantai yang membentang sepanjang 2 kilometer dengan lebar 200 meter ini juga dipenuhi dengan berbagai macam karang laut yang sangat indah. Maka jangan heran ketika air laut surut Anda bisa melihat keindahan berbagai macam jenis biota laut yang ada di sana.

Fasilitas yang ada di Pantai Balekambang Malang

Meski dapat dikatakan tempatnya sangat terpencil, akan tetapi pantai ini memiliki fasilitas yang cukup memadai dan lengkap, mulai dari warung makan tradisional, restoran, toko souvenir, toilet umum, mushola, tempat parkir yang luas, penjaga pantai, camping ground, kantor informasi, bungalow sederhana hingga tempat penginapan bagi Anda yang ingin menginap di sana. Untuk penginapan dan hotel pun memiliki harga yang sangat terjangkau yaitu Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per malam.

Tak hanya itu saja, di sana juga menyediakan permainan anak-anak dan bahkan ada juga wahana fllying fox. Akan tetapi wahana yang satu ini hanya tersedia pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Akses menuju ke Pantai Balekambang Malang

Ada dua jalur untuk dapat sampai ke pantai ini, yaitu melalui Malang – Kepanjen ataupun Malang Bululawang.

Untuk rute yang pertama, maka Anda harus melewati Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Srigonco dan tinggal mengikuti petunjuk yang ada. Sedangkan jika Anda melewati rute yang kedua adalah Anda harus melewati Gadang dan Kendalpayak sampai menuju ke Gondanglegi. Dari Gondanglegi ikutilah jalur yang pertama tadi.