Mengetahui Tentang Periode-Periode Proses Evolusi Bumi

By Categories : Pendidikan

Evolusi adalah sebuah proses perubahan pada seluruh bentuk kehidupan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Dan biologi evolusioner mempelajari bagaimana evolusi ini bisa terjadi. Pada setiap generasi organisme-organisme akan mewarisi sifat-sifat yang dimiliki oleh orang tua melalui gen. Perubahan atau mutasi inilah yang akan menghasilkan sifat baru pada keturunan suatu makhluk hidup atau organisme. Seperti yang kita ketahui proses evolusi bumi terbagi menjadi beberapa periode, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa periode dari evolusi bumi. Penasaran kan? Simak ulasannya berikut ini.

Mengetahui Tentang Periode-Periode Proses Evolusi Bumi

Menjelaskan tenang periode proses evolusi bumi

Arkaekum (zaman tertua)

Zaman yang diperkirakan telah berusia satu milliar tahun ini memiliki ciri-ciri yaitu kulit bumi yang masih panas dan belum stabil. Hal ini dikarenakan bumi masih memiliki temperatur yang sangat tinggi. Dan pada zaman ini diperkirakan belum ada tanda0tanda kehidupan karena bumi masih dalam proses pembentukan menjadi padat.

Paleozoikum (zaman kehidupan tertua)

Paleozoikum merupakan zaman yang sudah berlangsung sekitar 340 juta tahun yang lalu. Meskipun bumi belum cukup stabil, akan tetapi pada zaman ini sudah mulai adanya tanda-tanda kehidupan, yaitu adanya makhluk bersel satu atau mikroorganisme. Di akhir zaman paleozoikum  telah muncul berbagai jenis reptil sederhana seperti kura-kura. Tak hanya itu saja, tumbuhan paku-pakuan juga sudah mulai muncul di zaman ini.

Mesozoikum (zaman kehidupan pertengahan)

Periode proses evolusi bumi selanjutnya adalah mesozoikum atau yang biasa disebut dengan zaman sekunder atau zaman kedua. Zaman yang diperkirakan berusia sekitar 140 juta tahun yang lalu ini mulai ditandai dengan terbentuknya cekungan laut yang terisi oleh endapan yang tebal serta tumbuhan paku-pakuan tumbuh meluas di setiap daerah. Pada zaman ini suhu masih berubah-ubah dan danau banyak yang mulai kekeringam. Meskipun begitu pada zaman ini iklim di bumi semakin membaik dan mulai muncul reptil besar, sepeti dinosaurus, tiranosaurus dan masih banyak lagi. Dan pada akhir zaman mesozoikum, hewan mamalia sudah mulai ada.

Neozoikum (zaman kehidupan baru)

Yang terakhir adalah zaman kehidupan baru atau neozoikum. Neozoikum asalah masa yang berlangsung sekitar 60 juta tahun yang lalu. Jika dibandingkan dengan zaman lainnya, zaman neozoikum sudah memiliki iklim yang lebih baik serta perubahan cuaca yang tidak begitu besar. Hal inilah yang membuat para makhluk hidup  dapat berkembang dengan baik. Zaman neozoikum sendiri dibedakan menjadi 2 zaman, yaitu zaman tersier dan zaman kauarter. Di zaman tersier sudah ada banyak berbagai binatang mamalia dan reptil-reptil raksasa seperti dinosaurus lambat laut telah lenyap. Dan zaman kuarter terbagi menjadi 2 zaman, yaitu Kala Pleistosendan Kala Kolosen.

Nah itulah beberapa periode proses evolusi bumi yang perlu diketahui.

Baca juga inilah prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

terms: proses evolusi bumi, evolusi bumi, periode evolusi bumi, periode proses evolusi bumi, pengertian proses evolusi bumi