Mengetahui Obat dari Kolesterol Tinggi

By Categories : Kesehatan

Kolesterol, jika bagi anda yang belum mengetahui apa itu kolesterol, kolesterol merupakan substansi yang mirip dengan lemak namun ada di dalam darah dan terikat oleh protein. Sedangkan kombinasi dari kolesterol dan protein tersebut juga sering disebut dengan lipoprotein. Dan secara umum, terdapat 2 jenis lipoprotein :

LDL ( Low-Density Lipoprotein ) yaitu jenis kolesterol jahat di mana jika kelebihan LDL ini bisa membentuk plak serta penyumbatan pada pembuluh arteri. HDL ( High-Density Lipoprotein ) yaitu jenis kolesterol baik. HDL ini bisa mengganggu kelebihan kolesterol agar kembali ke hati, di mana kolesterol tersebut akan diurai dan dibuang melalui saluran pembuangan.lipoprotein

Kolesterol tinggi yang berada dalam darah memang berisiko untuk mendatangkan berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, stroke maupun serangan jantung. Dan kolesterol tinggi ini bisa timbul dari berapa jenis makanan, seperti contohnya daging, makanan bersantan, dan masih banyak lagi. Jika anda memiliki frekuensi yang tinggi mengonsumsi makanan tersebut, tanpa anda sadari kolesterol jahat akan menumpuk di dalam darah anda. Namun jika anda bertanya, kolesterol tinggi apa obatnya ? Ada cara yang mudah untuk bisa menurunkan kadar kolesterol tersebut, jadi anda tidak perlu khawatir apabila anda rutin untuk melakukannya secara disiplin. Karena kesehatan juga merupakan hal yang paling utama di dalam hidup kita. Dan berikut adalah beberapa cara yang sangat mudah untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

  1. Mengubah cara makan : Mungkin ini bisa dibilang sangat mudah. Yaitu mulai dari memperbanyak mengonsumsi buah – buahkan, biji-bijian serta sayuran. Karena dari beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa orang yang banyak mengonsumsi sayuran memiliki kadar kolesterol lebih rendah.
  2. Perbanyak makanan berserat : Serat juga bisa mengikat kolesterol yang terdapat pada usus dan akan mengeluarkannya dari tubuh.
  3. Sering mengonsumsi ikan : Ikan salmon adalah yang paling utama, karena banyak mengandung omega 3 yang bisa menurunkan kadar LDL dan trigliserida. Jika anda rajin mengonsumsi ikan, setidaknya 1 minggu 200 – 300 gram, makan kadar kolesterol jahat bisa turun.
  4. Perbanyak mengonsumsi kacang : kacang juga sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida.
  5. Menjaga berat badan : Jika memiliki berat badan berlebih, makan hal terebut bisa meningkatkan risiko penyakit, seperti penyakit jantung. Karena jika memiliki berat berlebih makan LDL juga cenderung meningkat.
  6. Berolah raga : olah ragalah secara teratur setiap harinya. Cara yang mudah yaitu melakukan senam setidaknya 30 menit setiap harinya untuk menurunkan trigliserida dan bisa meningkatkan HDL.
  7. Mengatasi stres : beberapa penelitian mengatakan bahwa orang yang bisa mengelola stres, maka orang tersebut memiliki kadar HDL lebih tinggi.
  8. Menghindari rokok dan alkohol : hindarilah hal tersebut, karena jika anda melakukannya, makan akan memperbesar risiko kolesterol menumpuk pada aliran darah.

Loading...