Mengenali Efek Buruk dan Manfaat Mengkonsumsi Tahu

By Categories : Kesehatan

Mengkonsumsi tahu  memiliki manfaat dan berefek buruk juga? – tahu merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, tahu merupakan makanan yang mudah di dapat serta dengan harga yang terjangkau. Yang kita semua ketahui bahwa tahu merupakan makanan sehat, tetapi dari beberapa sumber ternyata tahu memiliki kandungan yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Mengenali efek buruk dan manfaat mengkonsumsi tahu

Peneliti menduga bahwa kandungan phytoestrogen yang mempengaruhi fungsi otak, orang yang makan tahu sebanyak Sembilan kali seminggu lebih besar menurunkan kemampuan kognitif dan kehilangan memori. Hal ini jauh berbeda dari tempe yang merupakan fermentasi dari kedelai yang meningkatkan kemampuan memori. Mengenali efek buruk dalam mengkonsumsi tahu, ini dia kandungannya yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Mengonsumsi Tahu Lengkap dengan Efek Sampingnya

  1. Masalah tiroid

Tahu ternyata memiliki kandungan bahan kimia yang tidak baik untuk kelenjar tiroid, atau lebih tepatnya dapat merusaknya. Hal ini membuat orang yang mengalami masalah kesehatan tidak diperkenankan makan tahu ataupun makanan yang berasal dari kedelai.

  1. Merupakan makanan olahan

Kita semua tahu bahwa makanan olahan tidak sehat karena mengandung bahan kimia dan mengandung pengawet. Tahu merupakan makanan olahan yang berasal dari kedelai yang ditambahkan bahan pengawet dalam pengolahannya.

  1. Memicu kanker

Kanker merupakan penyakit ganas yang ditakuti oleh semua kalangan, tidak bisa di pungkiri bahwa tahu dapat menyerang siapapun didunia ini. kanker disebabkan oleh bahan bahan yang membahayakan bagi tubuh termasuk juga yang terkandung dalam tahu dapat menyebabkan kanker.

  1. Mengganggu kesehatan hormone pria

Isoflavon yang terkandung dalam tahu yang diketahui dapat meningkatkan hormone estrogen pada sistem hormonal. Hormone ini tentu tidak baik bagi pria karena mengganggu sistem hormonal.

Tetapi, selain dari efek samping atau efek buruk untuk tubuh kita. Tahu tetap makanan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu perlu diketahui dulu nutrisi apa saja yang terkandung di dalam tahu,

  1. Sumber gizi makro karbohidrat, protein, dan lemak.
  2. Sumber gizi mikro vitamin B (riboflavin, thiamin, vitamin B12, vitamin E, mineral, phosphor, kalsium, dan kalium).

Nah, ini dia manfaat dari tahu.

  1. Membasmi kolestrol jahat

Jangan takut kolestrol jahat menumpuk dalam aliran darah karena tidak tanggung tanggung hampir setengah kolestrol jahat yang akan dibasmi oleh tahu.

  1. Menurunkan berat badan

Seringkali program diet sehat menyertakan tahu dalam menu harian diet sehat, karena perannya yang dapat menurunkan berat badan.

  1. Memperkuat tulang dan sendi

Kandungan kalsium dalam tahu mampu memperkuat tulang dan sendi tubuh, hal ini dapat meminimalisir rawan masalah tulang dan sendi. Seiring bertambahnya usia akan mengokohkan tulang dan sendi karena mengkonsumsi tahu.

Semua memiliki manfaat dan efek samping, dapatkan manfaatnya dengan makan secukupnya dan hindari efek buruknya dengan menjauhi makan berlebihan.

Loading...
terms: Efek samping tahu, bahaya makan tahu, efek tahu, KEKURANGAN TAHU, manfaat makan tahu tiap hari, kelebihan dan kekurangan tahu, efek samping makan tahu tiap hari, TEMPE EFEK SAMPING, efek sering makan tahu tempe, efek makan tahu, efek tahu tempe, dampak negatif tahu