Mengenal Rambut Rontok Setelah Melahirkan

By Categories : Kesehatan

Mengenal rambut rontok setelah melahirkan merupakan hal yang wajar bagi seseorang yang baru melahirkan. Bagi anda yang baru saja melahirkan dan mendapati rambut anda rontok dimana-mana, sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir. Hal ini karena rambut rontok yang terjadi setelah proses melahirkan tubuh mengalami perubahan hormonal. Dalam perubahan hormonal ini, biasanya pada masa kehamilan rambut akan memasuki fase istirahat. Fase istirahat yang dimaksud disini adalah fase istirahat dari masa pertumbuhan.

Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Amankah?

Perlu anda ketahui, rambut akan mengalami masa pertumbuhan setidaknya selama tiga tahun penuh baru kemudian menuju fase istirahat. Dan kebetulan pada ibu hamil, perubahan hormonal akan terjadi sehingga membuat tubuh mengalami beberapa perubahan, termasuk proses pertumbuhan rambut. Dalam kasus ini pertumbuhan rambut akan terhenti dan beristirahat hingga kurang lebih selama tiga bulan setelah masa melahirkan selesai.Namun jangka waktu ini akan berbeda-beda pada tiap individu lainnya.

Dalam fase istirahat, rambut yang telah beristirahat akan terdolong keluar sehingga menyebabkan rambut rontok. Pada tubuh orang normal,rambut biasanya akan mengalami kerontokan hingga maksimal seratus helai. Namun bila mengalami kerontokan lebih dari seratus helai setiap harinya, hal itu menandakan bahwa orang tersebut mengalami masalah serius pada rambutnya sehingga harus secepatnya berkonsultasi kepada ahlinya. Rambut Rontok Setelah Melahirkan, AmankahHal ini jauh berbeda dengan apa yang dialami oleh wanita hamil. Pada wanita hamil, rambut yang rontok akan berjumlah sangat banyak, bahkan lebih dari seratus helai. Bagi anda yang kebetulan sedang dalam tahap ini, sebaiknya tidak perlu khawatir, hal ini karena rambut anda rontok dalam tahap yang wajar akibat rambut yang terdorong keluar karena perubahan hormonal. Setelah anda melewati masa tiga atau enam bulan, maka rambut anda akana mengalami pertumbuhan rambut baru. Disini rambut anda akan menjadi jauh lebih bagus, sehat dan bersinar. Selain itu, rambut baru juga bisa membuat rambut anda yang sebelum melahirkan adalah lurus, namun setelah anda melahirkan menjadi bergelombang, ataupun sebaliknya.

Pada saat mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan, ada baiknya anda mulai menjaga asupan gizi anda, agar rambut yang tumbuh kelak adalah rambut yang sehat dan indah. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asam amino, dan melakukan berbagai perawatan tradisional lainnya. Hal yang paling mudah anda lakukan adalah melakukan diet sehat.Diet sehat penting untuk membuat pertumbuhan rambut anda menjadi sehat dan lebat. Mengkonsumsi banyak kacang-kacangan, syuran dan berbagai buah-buahan adalah langkah yang tepat untuk memperbaiki tekstur rambut yang akan tumbuh nantinya. Selain itu, menghindari perawatan rambut yang mengandung berbagai bahan kimia selepas melahirkan sangat penting untuk dilakukan agar rambut yang rontok tidak semakin bertambah, sehingga anda akan terbebas dari masalah rambut rontok akibat bahan kimia yang tidak sesuai.Rambut rontok setelah melahirkan akan tumbuh dengan baik jika mengkonsumsi makanan sehat dan memiliki healthy lifestyle.

Loading...